Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 12 Februari 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 12 Februari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 12 Februari 2021

1. Doding Haleluya No. 337:1 “Hu Sombah Ham Tuhan”

Hu sombah Ham Tuhan tangihon au!
Sai uhur-Mu Tuhan pasaud Ham.
Sai lambin tambah ma holongku hu Bamu.
Sai tambah ma holong Bamu.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Lukas 24:52

Manrogop ma sidea manombah-Si, dob ai mulak ma sidea hu Jerusalem, marmalas ni uhur banggal.
Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.

4. Renungan

Nas hari ini adalah bagian dari peristiwa kenaikan Kristus ke Surga. Yesus membawa murid-muridNya ke luar kota Yerusalem dan tiba di suatu bukit yang tinggi yakni bukit Zaitun. Di sanalah Tuhan Yesus memberkati murid-muridNya, karena itu adalah pertemuan terakhir secara fisik antara mereka dan segera Yesus terangkat ke surga. Peristiwa Yesus terangkat ke surga disaksikan oleh para murid. Dan itu menjadi momen yang sangat penting bagi murid-murid. Setelah peristiwa itu mereka kembali ke Yerusalem. Melanjutkan hidup, mereka, menyembah Tuhan dan berdoa sembari menunggu pemenuhan janji Tuhan Yesus bahwa Tuhan akan mencurahkan Roh Kudus atas mereka.

Kedekatan dengan Yesus membuat para murid menyerahkan hidup mereka untuk selalu mengikut Yesus. Bahkan di saat terakhir pertemuan mereka itu murid-murid menyembah Yesus. Hal ini berarti murid berserah dan akan mengabdikan seluruh hidup mereka untuk melakukan perintah Tuhan memberitakan kabar sukacita ke mana pun mereka di utus.

Ada pencerahan yang dialami oleh para murid, bersama Yesus atau tidak bukan sesuatu masalah besar lagi bagi murid. Sebab mereka sudah menyaksikan bahwa Tuhan Yesus yang mereka ikuti adalah Tuhan yang hidup sekalipun mereka tidak lagi bersama. Yesus adalah Allah yang maha hadir dan akan tetap bersama dengan mereka untuk memperluas kerajaan Allah di tengah dunia ini. Maka ketika mereka kembali ke Yerusalem, mereka tidak takut, melainkan mereka semakin kokoh dalam iman sembari menanti bahwa Tuhan akan memberi Roh Kudus, Roh Penolong bagi mereka untuk melanjutkan pekerjaan Kristus di tengah dunia ini. Maka dengan sukacita besar memenuhi hati mereka. Tanpa beban, rasa takut dan kuatir akan hidup. Sungguh suasana hati yang sangat menyenangkan bisa merasakan kehadiran Tuhan dalam hidup ini juga merasakan kuasaNya yang menguatkan serta meneguhkan untuk melangkahkan kaki menuju masa yang akan datang.

Kiranya perasaan yang sama tumbuh dan hadir dalam setiap hati kita. Meski di dunia ini ada banyak tantangan, kesulitan dan ketidakpastian yang akan kita alami. Janganlah menyerah atau berputus asa. Sebab Tuhan senantiasa bersama dengan kita. Tetaplah menyembah Tuhan dan tunduk pada kehendakNya. Biarlah Roh Kudus yang memenuhi hati kita dengan sukacita surgawi dalam meneruskan jalan hidup kita ini. Amin.

5. Doding Haleluya No. 503:1 “Gok Bai Malas Ni Uhur”

Gok bai malas ni uhur do au, mamuji Ham Tuhanku
Ai ipanalom Ham hape au, marhorja bai pohon-Mu
Megah, megah uhurhon, mangkorjahon parentah-Mu.
Boi au dirgas nuan on, Ham do na mamasu-masu.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.