Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 13 Februari 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 13 Februari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 13 Februari 2021

1. Nyanyian Kidung Jemaat No. 4:1 “Hai Mari Sembah”

Hai mari sembah Yang Maha besar
Nyanyikan syukur dengan bergemar.
Perisai umat-Nya, Yang Maha Esa
Mulia nama-Nya, takhta-Nya megah.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Mazmur 50:7

Tangihon ma ale bangsang-Ku, ase marsahap Ahu, ale Israel, sihol saksihonon-Ku do bannima: Naibata, Naibatamu do Ahu.
Dengarlah hai umat-Ku, Aku hendak berfirman, hai Israel, Aku hendak bersaksi terhadap kamu: Akulah Allah, Allahmu.

4. Renungan

Melalui nas renungan ini Tuhan menyatakan sabda-Nya agar bangsa Israel mendengarkan firman-Nya. Ia mengingatkan ibadah bangsa Israel yang keliru. Sebab itu Tuhan kembali menyatakan diri-Nya kepada bangsa Israel agar mereka mengenal siapa Tuhan dan sadar bagaimana beribadah yang dikehendaki oleh Tuhan. Tuhan yang telah melepaskan Israel dari perbudakan Mesir, menjadikan mereka umat-Nya, menuntunnya di padang gurun dan Ia hadir di tengah mereka secara agung dan mulia. TUHAN adalah Allah yang mengatasi segala allah, Dia adalah Allah dan bukan manusia.

Ada tiga hal yang dinantikan Tuhan dari umat-Nya melalui ibadah mereka. Pertama, hendaknya Israel mempersembahkan “nyanyian pujian kepada Allah sebagai korban.” Letak pemuliaan Allah yang harus menjadi dasar dan tujuan ibadah yang sejati: sikap batin yang benar dalam membawa korban pada Tuhan. Sebab umat Israel dan semua umat manusia bergantung sepenuh-Nya. Kedua, hendaknya Israel tidak melupakan segala kebaikan Tuhan yakni dengan membayar nazarnya dalam bentuk korban syukur diiringi dengan nyanyian syukur dan puji-pujian. Ketiga, hendaknya Israel berseru memohon pertolongan Tuhan pada waktu kesusahan. Tuhan pasti akan mendengarkan doa mereka, dan umat akan memuliakan Tuhan sebagai jawaban atas karya penyelamatan tersebut.

Sebagai puncak penyataan Tuhan dalam Alkitab yaitu Ia menyatakan diri-Nya melalui Tuhan Yesus Kristus. Maka kita dapat mengenal-Nya. Kita juga dapat sampai kepada pengenalan yang benar tentang Allah hanya apabila kita terus menerus dengan penuh iman mendengarkan firman-Nya yang disampaikan kepada kita melalui Kitab Suci. Puncak firman itu adalah Kristus. Hanya melalui Dia kita dapat mengenal Allah secara benar dan menyembah-Nya. Karena yang berbahagia adalah setiap orang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus yang mendengar dan melakukan firman-Nya. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 33:3 “Suara-Mu Ku Dengar”

Kau panggil diriku, supaya kukenal
iman, harapan yang teguh, dan kasihMu kekal.
reff: Aku datanglah, Tuhan, padaMu
dalam darah-Mu kudus sucikan diriku.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.