Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 19 Februari 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 19 Februari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 19 Februari 2021

1. Doding Haleluya No. 118:1 “Tuhan Jesus Siparmahan”

Tuhan Jesus Siparmahan ganup biri-biri do.
Jesus gok Bamu uhurhu, sai irikkononku Ham.
Sai irikkononku Ham. Sai irikkononku Ham.
Jesus gok Bamu uhurhu, sai irikkononku Ham.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 23:5

Ham do mangidangi ahu i lobei ni munsuhku, iminaki Ham do ulungku anjaha sirnib do panginumanku.
Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.

4. Renungan

Nas renungan hari ini kembali mengingatkan kita bahwa Tuhan adalah Gembala Yang Baik. Gembala yang baik biasanya akan membawa domba-dombanya ke padang rumput yang hijau, ke air yang tenang. Ia akan menyediakan apapun yang diperlukan oleh kawanan dombanya. Dalam nas ini kebaikan gembala digambarkan seperti seorang tuan rumah yang sangat ramah, yang menerima tamu yang datang ke rumahnya dan menyambut dengan hormat dengan menyediakan hidangan yang berlimpah. Hal ini beranjak dari pengalaman Pemazmur ketika melawan pemberontakan dari orang-orang yang menjadi musuhnya. Namun Tuhan menggerakkan hamba-hambaNya untuk menyediakan makanan bagi Pemazmur (2 Sam.17:27-29).

Gembala yang baik tidak akan pernah membiarkan kawanan dombanya kelaparan dan kehausan. Begitulah pengakuan Pemazmur atas pemeliharaan Allah baginya. Ia tidak pernah merasa kekurangan kebaikan Tuhan dalam hidupnya. Hal ini sungguh menyejukkan kita ketika kita harus menghadapi berbagai tantangan dan pergumulan dalam menghadapi pandemi ini. Meskipun mungkin saat ini kita menderita, tertekan, bingung dan susah namun ingatlah Tuhan tidak melupakan atau meninggalkan kita. Tuhan akan selalu bersama kita sekarang hingga selamanya. Ia akan melayani kita, dengan menyiapkan meja di hadapan kita, di hadapan musuh-musuh yakni orang-orang yang membenci dan meremehkan kita. Ia ada untuk membela kita, menghalau musuh yang datang di hadapan kita. Tidak ada lagi ketakutan sebab Tuhan berpihak pada kita. Ia mengurapi kita dengan minyak di atas kepala kita, ini menenangkan karena kasih-Nya yang tidak pernah berakhir. Tuhan juga mengurapi kita menjadi anak-anakNya untuk melayani Tuhan sepanjang hidup kita. Dan piala kita akan senantiasa melimpah. Kasih dan penyertaan Tuhan tidak akan pernah habis dan berhenti bagi kita.

Demikianlah penyertaan Tuhan, selalu ada bagi kita, maka jangan menyerah dan berputus asa. Sebab Tuhan adalah Allah yang setia bagi kita yang akan memberi segala yang baik dalam hidup orang-orang yang tetap menaruh harapannya hanya pada Tuhan. Sebab Tuhan adalah Allah yang baik, pemelihara hidup kita. Seperti yang disaksikan oleh Paulus, “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus” (Filipi 4:19). Tuhan adalah Gembala yang baik. Ia layak dipercaya. Ia sanggup menyediakan makanan, menuntun, melindungi, dan memelihara hidup kita. Inilah jaminan bagi kita betapa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita, sebab semua yang kita perlu pasti akan dicukupkanNya. Amin.

5. Doding Haleluya No. 127:1 “Jahowa Siparmahan Au”

Jahowa Siparmahan au, aha pe lang hurang ni.
Na sambor pe sai ipalao, do humbai pinahan-Ni
Tudu ibaen na lambut in. Lao patoguhkon tonduyhin, ibaen holong atei-Ni.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.