Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 27 Februari 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 27 Februari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 27 Februari 2021

1. Doding Haleluya No. 9:1

Tuhan Naibata sai parorot Ham.
Daging pakon tonduy nami,
In ma na pinindo nami.
Sai pajorgit Ham, ganup hanai on.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Mazmur 37:37

Sai pardiatei ma habujuron anjaha horjahon na pintor, sai hadameion do dobni bani halak sisonai.
Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan.

4. Renungan

Salah satu hal yang pasti dibutuhkan manusia adalah rasa aman, baik untuk masa sekarang dan untuk masa depannya di dunia maupun di balik kematiannya. Untuk mendapatkan rasa aman tersebut, berbagai upaya dilakukan tidak terkecuali untuk motivasinya beragama. Melalui nas ini pemazmur mengungkapkan rahasia masa depan orang benar, yakni hidup dengan jujur, tulus dan menyukai damai. Rahasia yang teguh ini hanya ditemukan dalam hubungan yang terpelihara dengan Tuhan, dengan menjauhi kejahatan, menantikan Tuhan dan mengikuti jalan-Nya.

Pemazmur yakin berdasarkan pengalamannya, bahwa Tuhan menyelamatkan orang-orang benar di waktu kesesakan. Ia juga yakin bahwa orang yang mencari damai dengan tulus dan jujur, mempunyai masa depan di bumi dan mewarisi negeri (ay.34). Banyak sekali memang godaan yang akan datang kepada kita sebagai anak-anak Tuhan dengan tujuan membuat kita menyimpang dari prinsip hidup benar yang selama ini kita pegang dan hidupi. Godaan-godaan tersebut sangat menggiurkan dan dapat menggoyahkan pendirian kita, namun keputusan ada di tangan kita sendiri.

Oleh karena itu, mari kita jadikan kebenaran firman Tuhan sebagai prinsip dasar hidup kita. Ketika kita akan melakukan hal yang benar, adakalanya kita harus menentang arus dunia. Tetapi kita tidak perlu takut dan bimbang untuk melakukannya. Sebab selama kita melakukan kebenaran firman Tuhan, hidup dan masa depan kita ada dalam pemeliharaan Tuhan. Dengan demikian biarlah kita memakai hidup kita melakukan kehendak Tuhan untuk hormat dan kemuliaanNya, sembari dengan tetap berjaga agar kita tidak jatuh ke dalam godaan dan melakukan yang jahat. Kita percaya dengan mengandalkan tuntunan Tuhan, kita pasti akan dimampukan untuk melakukan perbuatan baik yang dampaknya akan mendatangkan sejahtera sehingga dunia akan menjadi tempat yang lebih baik. Amin.

5. Doding Haleluya No. 124:1

O Tuhan pareksa Ham au, sondangi uhurhu tangkas
Ai seng dong margogoh be au.
Bamu au paringgas, Bamu au padonok
Bamu mando au.
Bamu au paringgas, Bamu au padonok
Bamu mando au.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.