Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 3 Maret 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 3 Maret 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Rabu, 3 Maret 2021

1. Doding Haleluya No. 472:1

Seng adong na dos songon Ham o Tuhan,
na sai sirsir mangkasomani hanai on
Pitah Ham tongon Naibata na sintong,
ganup pambaenanMu, gok halongangan do
Sagala bangsa do na jinadihonMu,
marsombah roh hu lobeiMu
Pasangapkon Ham ronsi sadokahniin,
timbul janah pansing do goranMu ijin.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Petrus 1:16

Ai tarsurat do, “Pansing ma nasiam, ai na pansing do Ahu!”
Sebab ada tertulis: “Kuduslah kamu, sebab Aku Kudus.”

4. Renungan

Sebagai pengikut Kristus pekerjaan utama orang Kristen adalah menghidupi panggilan Kekristenan dengan meneladani Yesus Kristus. Kehidupan orang Kristen harus dirancang tidak hanya supaya orang Kristen lebih bijak, tetapi juga menjadikan kehidupan orang Kristen menjadi lebih baik. Oleh sebab itu rasul Petrus dalam suratnya ini menasehati orang-orang yang disuratinya termasuk kita pada saat ini supaya menselaraskan hidup kita dengan hidup yang kudus.

Bagaimana pemaknaan hidup kudus yang dimaksud Petrus dalam nasihat ini? Kekudusan yang utuh adalah keinginan dan kewajiban setiap orang Kristen yang merupakan pengikut Kristus sebab Dia sendiri adalah kudus, dan tentu saja pedoman untuk hidup kudus itu telah ada tertulis di dalam firman Tuhan yang boleh kita renungkan setiap hari. Dapatkah manusia menyamai kekudusan Allah sendiri? Jawabannya adalah tidak. Tidak ada seorang manusia pun di dunia ini yang dapat menyamai kekudusan Allah. Kita hanya bisa menirunya saja. Sebab sebenarnya kita pada dasarnya adalah orang berdosa. Namun Allah memanggil orang berdosa itu untuk hidup dan lepas dari keberdosaan dan kesengsaraan itu dan di dalam panggilan itu ada ajakan yang kuat untuk hidup kudus.

Saudara sekalian, ungkapan Tuhan memanggil kita keluar dari kegelapan dan menguduskannya telah sering kita dengar dari istilah kata Gereja, di mana ada yang dipanggil, mereka dipanggil untuk berhimpun, yaitu oleh Allah. Kata Gereja dekat dengan kata kyriake. Yang dipakai untuk apa yang tergolong kepada Kyrios, apa yang menjadi milik Kyrios. Jadi baik secara etimologis maupun semantik, gereja adalah orang-orang yang ada di dalamnya. Persekutuan di dalam Kristus. Persekutuan dengan Kristus. Oleh karena itu kita hanya boleh disebut pengikut Kristus ketika kita meneladani Kristus. Meneladani Kristus berarti menjaga kekudusan hidup. Kita hanya boleh berkenan kepada-Nya kalau kita kudus, sebab Dia adalah kudus. Amin.

5. Doding Haleluya No. 303:1

Na pansing na pansing Tuhan parkuasa
Ari on hanami mamuji Naibata
Na pansing na pansing janah marjumbalang
Sitolu sada na sangap tumang

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.