Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 6 Maret 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 6 Maret 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 6 Maret 2021

1. Doding Haleluya No. 160:4

Huondoskon ma tongon haganup langkahku
Bai Tuhanku, na tongtong ibagas uhurhu
Atap aha pe hubaen, Ham huunsagahkon.
Saud ma bahen Ham Tuhan haganupan, Amen!

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jakobus 1:27

On do parugamaon na borsih anjaha na so adong sihataon bani uhurni Naibata, Bapa in, aima manorih na tading maetek ampa na mabalu ibagas hamarsikonni, anjaha manjagai diri ulang butak marhitei dunia on.
Ibadah yang murni dan tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.

4. Renungan

Surat Yakobus ditujukan kepada semua jemaat Kristen yang tersebar di seluruh dunia. Itu artinya ditujukan kepada kita orang Kristen pada saat ini. Yakobus lebih lanjut menyatakan kepada kita, apa itu agama yang sejati dan agama yang palsu. Kesalehan yang palsu, seperti iman tanpa perbuatan dalam 1:22-23, merupakan jenis agama yang tidak mempunyai dampak.

Melalui nas ini Rasul Yakobus ingin mengajak setiap orang Kristen untuk tidak hanya menjadi pendengar firman Tuhan tetapi juga melakukan firman Tuhan. Orang Kristen yang rajin beribadah secara lahiriah tanpa melakukan perbuatan kasih kepada sesama tidak ada artinya. Sebab itu Yakobus mengatakan agar setiap orang Kristen untuk beribadah dengan benar. Yakni mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka. Arti mengunjungi adalah memberikan bantuan yang dapat kita berikan kepada orang lain. Disebutkan secara khusus janda-janda dan yatim piatu di sini karena pada umumnya mereka sangat mudah diabaikan, ditindas atau kurang diperhatikan. Mereka ini adalah semua yang pantas diberi bantuan, semua orang yang sedang kesusahan. Intinya menurut Yakobus tentang ibadah yang benar adalah mengasihi dan melegakan orang yang menderita.

Di zaman informasi dan teknologi canggih saat ini dapat memberi dampak positif tetapi dapat memberi dampak negatif. Untuk itu kita diingatkan melalui nas ini supaya menjaga diri supaya tidak dicemarkan oleh dunia. Dari semua yang ada di dalam dunia ada tiga hal yang tidak boleh kita cintai yakni keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup. Dengan anugerah Tuhan mari kita menjaga baik hati maupun hidup kita supaya tetap bersih dari godaan-godaan manusia duniawi dan jahat. Dengan demikian ibadah dan hidup kita akan memberikan dampak bagi sesama kita dan kemuliaan bagi Tuhan Yesus Kristus. Amin.

5. Doding Haleluya No. 372:4

Bere goluhmin bai Jesus, ai podas do salpu in,
sai pasiat Tuhan Jesus, bai uhur na loja in.
sai pasiat Tuhan Jesus, das hubagas uhurmin,
nuan ari paridopan, ulang sompat salpu in.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.