Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 8 Maret 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 8 Maret 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 8 Maret 2021

 

  1. Mandoding Hal no 102:1

Ham tongtong ihutkononku Jesus Sipagoluh au

Seng anjai tadingkononku Ham na paluahkon au.

Humbani haganup dousangku pakon humbai uhum in

Na tongtong habiaranku ibaen pardousaonkin

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Epesus 2 : 20

Ipauli do nasiam i atas ni onjolan ni apostel ampa nabi; Kristus Jesus sandiri do batu parsuhi ijin.

Yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

 

  1. Renungan

Jika perenungan kita pada tanggal 22 Februari yang lalu menekankan mengenai kebersamaan orang yang beriman di dalam rumah Tuhan sebagai hasil karya dari para nabi dan rasul, maka hari ini kita melihat lebih dalam mengenai karya itu. Para nabi dan rasul telah memberikan dirinya untuk dipakai oleh Allah dalam menjalankan tugas sebagai utusan Allah atau juru bicara Allah, yang memberitakan tentang keselamatan, disamping memberitakan hukuman bagi orang yang tidak setia.

 

Rasul Paulus menegaskan bahwa ada peran yang sangat penting dalam perjalanan iman ini yang dilakukan oleh para nabi dan rasul. Mereka adalah orang-orang yang dipakai Tuhan untuk menyapa, menegur, mengigatkan, menguatkan kita agar kita tetap hidup sebagai umat Allah. Kehadiran Allah di tengah-tengah umatNya diwakili oleh para nabi dan rasul. Namun kehadiran itu disempurnakan melalui Allah yang yang hadir di tengah-tengah umatNya (immanuel) dalam diri Yesus Kristus. Kehadiran Kristus tentu tidak bertentangan dengan berita yang disampaikan oleh nabi dan oleh rasul.

 

Kristus yang hadir dalam kehidupan kita disebut sebagai batu penjuru. Batu penjuru adalah kunci yang menentukan dalam istilah pertukangan. Ketika para nabi dan rasul bekerja tentu kehadiran mereka bukan menjadi penentu tetapi sebagai penuntun. Namun Kristus hadir sebagai penentu kehidupan yang kita terima. Kristus hadir bukan hanya sebagai pemberita atau yang menyuarakan kebenaran saja, tetapi Dialah kehidupan itu, Dialah kebenaran itu.

 

Kita sudah mengetahui bahwa kita bisa mengetahui jalan keselamatan itu melalui para nabi dan rasul tapi terlebih lagi kita masuk ke dalam keselamatan itu karena Kristus. Karena itu biarlah hidup kita tetap ada di dalam Tuhan bersama keluarga besar orang beriman dalam menghadapi segala tantangan. Keselamatan yang sudah kita terima dalam Kristus akan menguatkan kita ketika kita menghadapi pandemi dan menghadapi tantangan lainnya.

 

  1. Mandoding Hal no 241:1

Malas do tong uhurhon bani Jesus na tongtong

Mangindahi hajolmaon ase Ia paluahkon

Jolma manisia in humbai hamagouan in

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.