Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 15 Maret 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 15 Maret 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 15 Maret 2021

 

  1. Mandoding Hal no 339:1

Jesus haposanku Ham ma hasomanku

Ulang au tarpunjung seng dong hasomanku

Jesus haposanku hasomani ahu

Ham do hasomanku bai pardalananku.

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Jesaya 49 : 8a

Sonon do hata ni Jahowa, “Bani panorang paridop ni uhuran do ho Hubalosi, anjaha bani ari haluahon do ho Huurupi.”

Beginilah firman Tuhan: “Pada waktu Aku berkenan, Aku akan menjawab engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau.”

 

  1. Renungan

Ketika kita sedang menghadapi tantangan atau ancaman atau kedukaan dan keputusasaan, sering kita merasa bahwa Tuhan sedang tidak berada di pihak atau kita mengatakan Tuhan tidak sayang padaku atau Tuhan telah meninggalkanku. Tanpa kita sadari, ketika kita mengatakan hal tersebut, sebenarnya kita mau mengatakan bahwa ketika bersama Tuhan pasti suasana lebih baik, pasti aku akan ditolong dan diberkati.

 

Bangsa Israel saat sedang di pembuangan Babel juga merasakan hal itu. Apalagi ketika bangsa-bangsa lain mengatakan bahwa Tuhan sudah meninggalkan Israel, saat itulah mereka merasakan kegetiran dan keputusasaan yang mendalam. Namun mereka tidak berhenti berteriak kepada Tuhan. Mereka meminta agar Tuhan menolong mereka.

 

Firman Tuhan hari ini mengajarkan kepada kita bahwa ketika kita berseru dan meminta campur tangan Tuhan, kita juga harus percaya bahwa Tuhan akan bekerja sesuai dengan rencanaNya, bukan rencana kita. Tuhan mengatakan bahwa di saat Dia berkenan, dan pada hari Dia menyelamatkan, maka semua akan terjadi. Saat itulah keberpihakan Tuhan akan nyata, bukan hanya dapat dirasakan oleh umatNya tetapi orang lain juga akan melihat karya yang luar biasa itu. Di ayat ini yang dikatakan Tuhan adalah bahwa ada waktu Tuhan yang akan menyelamatkan bangsaNya. Tidak dikatakan hal sebaliknya bahwa Tuhan tidak akan menolong atau menolak permintaan umatNya.

 

Saat ini kita juga berharap akan kebaikan Tuhan, akan pertolongan Tuhan. Secara bersama-sama kita menantikan karya Tuhan yang besar untuk membebaskan kita dari virus Corona yang mengganggu kesehatan dan keadaan ekonomi serta hubungan sosial kita. Tuhan mengingatkan bahwa Tuhan akan menolong kita pada waktunya. Pengharapan kita janganlah sirna ketika Tuhan belum bertindak, tetapi kita harus tetap meyakini bahwa Tuhan mampu melakukan perkara yang luar biasa untuk menolong kita dalam menghadapi persoalan yang kita hadapi.

 

  1. Mandoding Hal no 138:2

Gogohta seng tarbahen in jadi pangajamanta

Pinilih ni Jahowa in hansa  pamonang hita

Ai ise goranni na jamin monang in

Tuhanta Jesus in sigomgom ganup in

Na so bulih lang monang

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.