Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELAURGA GKPS Senin 22 Maret 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELAURGA GKPS Senin 22 Maret 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 22 Maret 2021

 

  1. Mandoding Hal no 246:1

Sai dingat Jesus Tuhanmin na roh hubanta jolma

Na manadingkon surga in na pala gabe jolma

Sai ulang lupa ham ijin ai in do hagoluhanmin

Sai puji ma lah Ia

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Johanes 14 : 14

Barang aha ipindo hanima hun Bangku marhitei goranKu, bahenonKu do ai.

Jika kamu meminta sesuatu kepadaKu dalam namaKu, Aku akan melakukannya.

 

  1. Renungan

Kehilangan orang yang kita hormati dan kita anggap sebagai tokoh inspiratif dan sebagai panutan adalah hal yang berat dalam kehidupan kita. Orang yang kita hormati itu bisa orangtua atau guru atau pemimpin. Suasana seperti itu terjadi dalam Injil Yohanes sebelum Tuhan Yesus menjalani penderitaan menjelang peristiwa salib. Para murid mulai merasakan bahwa mereka akan kehilangan sang Guru dan Tuhan. Tetapi Tuhan Yesus mengetahui dan paham dengan suasana itu.

 

Tuhan Yesus yang penuh kasih tidak akan meninggalkan murid-muridNya dalam keadaan berputus-asa atau kehilangan pegangan hidup. Karena itu dalam ucapan perpisahanNya Tuhan Yesus memberi penguatan serta memberi jaminan kepada mereka akan penyertaan melalui Roh Kudus. Tetapi Tuhan Yesus juga mengatakan bahwa mereka tetap akan bisa mendapatkan apapun sama seperti saat mereka masih bersama-sama. Hal inilah yang disampaikan kepada kita dalam bacaan hari ini.

 

Injil Yohanes ingin menunjukkan bahwa Tuhan tahu kebutuhan kita. Kebutuhan yang primer bahkan yang sekunder juga Tuhan tahu. Karena itu ketika Dia akan meninggalkan muridNya Tuhan Yesus menjanjikan akan memberikan apa yang mereka minta. Namun dalam hal meminta ini Tuhan Yesus mengingatkan agar meminta di dalam namaNya. Apakah ini menjadi rumusan dalam doa kita? Tentu bukan itu penekanannya, melainkan bahwa kita tahu kepada siapa kita meminta, kita tahu siapa kita dalam hubungannya dengan Tuhan Yesus, kita tahu bahwa kita akan meminta karena iman kita kepadaNya.

 

Di masa yang masih penuh dengan ketidakpastian dan kemudian disebut sebagai masa kenormalan baru ini kita diminta untuk tidak sangsi atau galau. Kita diyakinkan oleh firman Tuhan bahwa Tuhan Yesus tidak akan membiarkan kita dalam suasana ini di perjalanan hidup ini. Dia menjamin kehiduan kita bahkan akan menolong kita dengan memberi yang kita perlukan. Tuhan Yesus menginginkan agar kita tetap di dalam Dia dan percaya kepadanya sehingga kita layak meminta kepadaNya.

 

  1. Mandoding Hal no 307:2

Atap aha husurahon na dear bai goluhkon

Bahen Ham au pambalosi bani ganup rosuhMu

Mangauhon pa porsaya ge galek pe uhurhon

Seng rosuhku pasaudonku pitah rosuhMu Tuhan

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.