Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 23 Maret 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 23 Maret 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 23 Maret 2021

1. Doding Haleluya No. 349:1

Goran Jesus sai marsora, bai ganup dunia on.
Goran Jesus pasonangkon, ganup na marhoru in.
Goran in marpasu-pasu, bai ganup pardousa in
Haganupan do idilo, bani gomgoman-Ni in
Goran Jesus sijengesan, lao paborsih uhurhin.
Martarima kasih ahu ibaen na itobus au.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Sakaria 14:9

Anjaha Jahowa ma gabe Raja i sab tanoh on; bani ari ai Jahowa tumang mando, anjaha goran-Ni tumang mando.
Maka TUHAN akan menjadi Raja atas seluruh bumi; pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan nama-Nya satu-satunya.

4. Renungan

Di seantero dunia ada banyak suku bangsa yang berbeda-beda dan masing-masing memiliki aturan kenegaraan serta tipe pemerintahannya. Sekalipun ada kesamaan di antara bangsa-bangsa, namun yang lebih banyak adalah perbedaannya. Yang jelas, dunia ini tidak diperintah atau dikuasai oleh satu pemerintahan saja untuk seluruh dunia walaupun ada yang mencoba mengupayakannya.

Kalaupun ada orang-orang yang berusaha mewujudkan dunia ini dalam satu pemerintahan tujuannya adalah untuk mencari kuasa dan dominasi. Selama berabad-abad, banyak yang telah berusaha mewujudkan impian ini namun selalu mengalami kegagalan.
Zakaria dalam nas ini menubuatkan suatu masa ketika Allah akan menjadi Raja atas seluruh dunia dan alam semesta. Dia juga akan menjadi Nama satu-satunya yang akan dicari dan disembah seluruh dunia. Ketika manusia berusaha untuk menjadi penguasa mutlak bagi orang lain, maka mereka selalu gagal. Semua orang yang berjuang untuk memperoleh kekuasaan absolut, tujuannya selalu untuk memenuhi keinginan daging, ambisi dan hawa nafsu semata. Mereka tidak memiliki kasih dan perhatian kepada yang akan dikuasainya selain hanya menginginkan kuasa dan pengendalian atas mereka.

Namun Allah berbeda dengan manusia. Hanya Dia yang memiliki otoritas dan kuasa atas seluruh jagat raya. Selain itu, kuasa dan otoritasnya adalah berlandaskan kasih-Nya yang sempurna. Fokus dan tujuan utama-Nya adalah mendatangkan kebaikan dan yang terbaik bagi setiap orang di bumi ini.

Saat ini memang apa yang dinubuatkan Zakaria belum tergenapi, namun harinya akan datang dan menjadi nyata. Setiap orang percaya dapat memulai mewujudkannya dengan menjadikan Yesus Kristus menjadi Rajanya dan berkuasa atas hati mereka saat ini dan di sini. Setiap hari orang percaya diperhadapkan dengan pilihan yang harus diambil. Pilihan itu adalah apakah mengizinkan Allah menjadi Tuhan atas hidupnya atau tidak. Setiap orang harus memutuskan siapa yang akan dia sembah dan layani, manusiakah atau Tuhan? Pada akhirnya semua lutut akan bertekuk dan semua lidah akan mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan. Hanya Nama-Nya yang akan kekal selama-lamanya. Segala sesuatu di dunia ini akan berakhir seiring waktu. Tidak ada yang tahu kapan waktunya Tuhan datang kembali, namun kuncinya adalah mengetahui dan mempercayai bahwa itu pasti terjadi. Kita memiliki pilihan atas bagaimana kita menjalani hidup ini.

Pilihannya adalah apakah kita hidup dalam iman dan mempercayai Allah atau mencoba hidup dengan kekuatan kita sendiri. Jika kita memilih untuk hidup dengan diri sendiri dan mengikuti jalan dunia, maka itu tidak akan bertahan lama dimana pada akhirnya kita akan menghadapi pengadilan Allah. Jika kita memilih untuk mengikut Allah dan menjadikan Dia menjadi Tuhan dan Raja atas kita, kita akan memperoleh kelimpahan hidup di dunia ini dan kehidupan kekal di sorga. Siapakah Tuhan dan Rajamu saat ini? Amin.

5. Doding Haleluya No. 79:1

Jesus Kristus in do Raja, ipabangkit Naibatanta
Manggomgomi hajojor, manggomgomi hajojor,
Janah ganup hajolmaon, ningon Bani do mar Tuhan
Iakuhon in botul, iakuhon in botul

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.