Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis, 1 April 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis, 1 April 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Kamis, 1 April 2021

1. Doding Haleluya No. 378:1 “Au Idilo Tuhan Jesus”

Au idilo Tuhan Jesus,
Au idilo Tuhan Jesus,
Au idilo Tuhan Jesus,
Porsan silang sai ihutkon Au.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 116:4

Tapi hudilo ma goran ni Jahowa: Ham Jahowa, paluah Ham ma tonduyhu!
Tetapi aku menyerukan nama TUHAN: “Ya TUHAN, luputkanlah kiranya aku!”

4. Renungan

Salah satu yang diharapkan oleh seseorang yang sedang berada dalam “perangkap” adalah adanya pihak lain yang datang kepadanya mengulurkan tangan, dan menawarkan jalan padanya sehingga ia dapat keluar dari perangkap itu. Tentu bila sampai pada titik keluar dari situasi itu, maka luarannya adalah sukacita, dan kebahagiaan. Agaknya situasi seperti ini yang dialami oleh pemazmur saat ia menghadapi dan tinggal dalam sebuah perangkap ketakutan. Ya, mazmur ini menuliskan bagaimana Pemazmur akhirnya merasakan kelegaan dan kelepasan dari situasi sulitnya.

Pemazmur menyadari bahwa ia tidak akan dapat keluar dari perangkap masalah yang sedang dihadapinya dengan kekuatannya sendiri. Maka ia berseru kepada Tuhan. Pemazmur merasakan bahwa meski terkadang orang-orang di sekitarnya juga mau menolong dan mendengarkan seruan minta tolongnya ketika dalam masalah. Namun lebih dari itu ia menyadari ada Tuhan tempat untuk berseru dan tak pernah membiarkan orang yang berseru kepada-Nya. Sebab Tuhan maha tahu dan maka kuasa. Ia tahu seberapa kuat pemazmur menghadapi masalah yang sedang dialaminya dan Tuhan juga tahu kapan waktu yang tepat untuk meluputkan pemazmur dari perangkap masalah yang sedang dialaminya.

Dalam segenap jalan hidup ini sebesar apapun perangkap yang sedang menghadang kita, jangan pernah lupakan Tuhan, Allah yang setia memelihara hidup kita. Percayakanlah seluruh hidup kita hanya kepada Tuhan. Sebab Ia adalah Allah yang maha baik, yang senantiasa mendengar seruan minta tolong umat-Nya yang sedang dalam kesesakan. Tuhanlah yang akan meluputkan kita dari kesedihan dan kesakitan, dari kesengsaraan dan ketertekanan, bahkan dari kematian dan liang kubur, dari murka karena dosa dan ketakutan terhadap maut. Maka serahkanlah seluruh hidup kita hanya kepada Tuhan dengan penuh ketulusan dan kesungguhan. Sebab Tuhan menerima setiap orang yang datang kepada-Nya. Selamat Kamis Putih. Amin.

5. Doding Haleluya No. 340:5 “Huondoskon bani Jesus”

Huondoskon bani Jesus daging pakon tonduyhon,
Domma ipaluah ahu, pujionku goran-Mu.
Huondoskon ma, huondoskon ma
Bani Jesus Sipaluah, huondoskon ma.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.