Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 5 April 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 5 April 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 5 April 2021

 

  1. Mandoding Hal no 70:1

Ale tonduyhu na puho Tuhanmu

Domma itaban do nagori toruh

Megah uhurmu martuah ma ho

Rap pakon Jesus manggoluh ma ho

Rap pakon Jesus manggoluh ma ho.

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Psalmen 136 : 1

Puji ma Jahowa, ai pardear layak do Ia, tongon, ronsi sadokah ni dokahni do idop ni uhurNi.

Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setiaNya.

 

  1. Renungan

Tuhan Yesus sudah bangkit dari kematian yang berarti bahwa kematian sebagai musuh yang paling ditakuti telah dikalahkan. Kebangkitan Tuhan Yesus tentu memberi kepastian kepada kita bahwa kebangkitan kita bukan hanya sekedar berita tetapi sudah disiapkan Allah melalui Tuhan Yesus. Inilah yang kita syukuri dan kita tentu patut meneruskan berita sukacita ini melalui pujian seperti yang dilakukan pemazmur dalam bacaan kita hari ini.

 

Pemazmur mengajak umat yang beribadah untuk bersama-sama mengucap syukur kepada Allah dengan pujian yang indah secara bersahut-sahutan. Mazmur 136 ini dibagi atas dua hal, yang pertama adalah mengenai pengakuan atau kesaksian tentang Allah dan bagian kedua adalah respon jemaat yang mengatakan “Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setiaNya.” Mulai ayat 1 sampai 26 digambarkan semua perbuatan Allah yang luar biasa dan disambut oleh jemaat secara bersama-sama. Sungguh indah Mazmur pujian 136 ini.

 

Pada pembuka Mazmur 136 ini diungkapkan pernyatan umum tentang Allah yaitu Allah itu baik. Pernyataan yang juga kesaksian ini tentu merupakan kesimpulan dari perbuatan Allah kepada umatNya dan kepada seluruh dunia ini. Kebaikan Allah dirasakan oleh manusia sejak dari penciptaan, penyertaan, penebusan, dan pemeliharaanNya. Allah menyatakan kebaikanNya termasuk ketika melindungi umatNya dari kekuatan musuh yang hendak menghancurkan bangsa Israel.

 

Hingga saat ini Allah tetap baik bagi kita. Dia memberi kehidupan kepada kita melalui Yesus yang mati dan bangkit pada hari yang ketiga. Allah melalui Tuhan Yesus juga memelihara kehidupan kita sehingga kita bisa melanjutkan perjalanan hidup ini dengan penyertaanNya. Biarlah kita senantiasa ikut mengatakan bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setiaNya. Pernyataan dan kesaksian ini harus kita ungkapkan bukan hanya dengan kata-kata tetapi dengan cara hidup yang selalu mengucap syukur kepadaNya.

 

  1. Mandoding Hal no 407:1

Puji ma Jahowa Tuhan Naibata ai marjumbalang do GoranNi in

Haganupan jolma sai marsombah ma sai hagoluhkon HataNi in

Holsoh haganupan mambur tubuh ma malas ni uhur

Gok bai pangarapan holong na totap rap mangolobkon GoranNi in

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.