Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 10 April 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 10 April 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 10 April 2021

1. Nyanyian Kidung Jemaat No. 4:1

Hai mari sembah Yang Maha Besar,
Nyanyikan syukur dengan bergemar
Perisai umat-Nya, Yang Maha Esa
Mulia nama-Nya, takhta-Nya megah!

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Mateus 24:31b

Jadi patumpuonni sidea ma halak na dob pinilih ai humbani desa na ualuh in, hun ujungni langit na sada das hubani na sada nari.
Mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.

4. Renungan

Secara umum suatu pekerjaan yang membosankan bagi hampir semua orang adalah menunggu. Untuk mengurangi rasa bosan bisa saja kita melakukan aktifitas yang baik. Dan kita tetap sabar menantikan seseorang yang kita tunggu tersebut. Tetap berharap bahwa yang kita tunggu akan datang dan kita bisa bertemu.

Nas renungan ini merupakan bagian dari khotbah Tuhan Yesus tentang akhir zaman. Dalam khotbah-Nya, Yesus menyampaikan bahwa ada tanda-tanda kedatangan Anak Manusia (Matius 24:29). Anak Manusia itu datang di atas awan-awan, di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Di saat itu juga, kedatangan-Nya bukan untuk mengampuni manusia berdosa, melainkan datang untuk menghakimi. Semua bangsa di bumi akan meratap (ayat 30). Ketika penghakiman sudah datang, tidak ada lagi kesempatan untuk bertobat. Tetapi bagi orang percaya yakni orang-orang pilihan-Nya akan dikumpulkan dari segala tempat untuk masuk ke dalam sukacita abadi bersama Tuhan.

Tidak satupun manusia yang tahu kapan datangnya Yesus Kristus yang kedua kali sebagai Hakim. Tuhan Yesus mengajarkan agar kita senantiasa membaca tanda zaman. Kita perlu juga membaca situasi zaman yang sedang terjadi di sekeliling kita berdasarkan terang firman Tuhan. Karena tidak seorangpun di antara kita yang tahu kapan kedatangan-Nya (ayat 36), maka kita patut semakin berjaga-jaga dan semakin mendalami kebenaran firman Tuhan.

Waktu yang sudah kita lalui selama kurang lebih satu tahun ini kita menghadapi wabah virus corona, tentu ini juga merupakan tanda zaman yang dapat kita pakai sebagai momen bagi kita untuk introspeksi diri. Marilah kita tetap berpengharapan di dalam Tuhan. Karena akhir zaman adalah janji Tuhan maka suatu saat akan terjadi sesuai waktu-Nya. Bagi orang percaya dan yang setia melakukan firman-Nya akan memiliki hati yang siap sedia dan senantiasa bersukacita dalam menyongsong kedatangan-Nya. Amin.

5. Doding Haleluya No. 370:3

Sai sirsir ma ho tonduyhu, paimahon parroh-Nin.
Sai itogu-togu Jesus do ham das hu surga in.
Marhasoman olob-olob hanai on managam Ham.
Maranata roh ma Tuhan, amen sai podas Ham roh.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS