Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 14 April 2021
14/04/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Rabu, 14 April 2021

1. Doding Haleluya No. 334:1

Anggo sai holsohan ham bai goluh on
Pala ham mandolei lang tuk gogohmu
Ingat pasu-pasuni Tuhanta in
Janah paruhurhon pambaenanni in
Ulang lupa ham bai layak-Ni in ganup ari sai bilangi in
Sai bilangi pambaenan-Ni in in ma pasu-pasuni Tuhanta in

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 126:3

Banggal do tongon na binahen ni Jahowa banta, marmalas ni uhur ma hita.
TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita.

4. Renungan

Nyanyian Haleluya Nomor 334 yang kita nyanyikan di atas merupakan sebuah lagu yang nada dan melodinya diadopsi dan diterjemahkan dari Kidung Jemaat nomor 439 “Bila Topan K’ras Melanda Hidupmu” mengandung makna penguatan bagi setiap orang yang mendengarnya. Memang benar bahwa di dalam kehidupan ini akan selalu ada tantangan dan badai hidup yang menderu. Namun walaupun demikian tidaklah benar bahwa kita harus menyerah dan berlutut terhadap badai kehidupan yang datang menerpa tersebut.

Syair lagu tersebut mengingatkan kita bahwa dalam segala keadaan kita harus selalu mengingat bahwa berkat Tuhan selalu nyata dalam hidup ini. Menghitung berkat Tuhan adalah jalan untuk selalu bersyukur dan mengimani bahwa Tuhan telah berkarya dan akan selalu berkarya bagi mereka yang berseru kepada-Nya. Mazmur 126 ini merujuk kepada kisah pembebasan bangsa Israel yang kemungkinan besar pada waktu terbebasnya mereka dari belenggu perbudakan Babel. Mereka yang kembali dari penawanan tersebut dipanggil dan diajak untuk bersyukur kepada Tuhan Allah yang membebaskan mereka secara ajaib.

Karya penyelamatan Allah tersebut terjadi begitu tiba-tiba sehingga mereka pada awalnya kebingungan dan merasa bahwa mereka sedang bermimpi (Ay.1). Pembebasan yang mengejutkan tersebutlah yang membuat mereka melayang dan hanyut dalam sukacita. Mereka melampiaskan sukacita mereka dengan memberikan kemuliaan bagi Allah yang Maha Pemurah tersebut. Mereka yang dahulunya orang yang diolok-olok dan ditertawakan pada akhirnya tertawa sukacita di dalam Tuhan mengingat berkat yang melimpah bagi mereka.

Saudara sekalian, demikianlah tindakan Allah bagi yang dikasihi-Nya. Berkatnya sangat tidak terkira. Ada kalanya sebelum kita memikirkan apa yang penting bagi kita, Ia sudah mengaruniakannya bagi kita. Karena itu percayalah kepada Tuhan. Nikmati dan nantikanlah berkat-Nya. TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita. Amin.

5. Doding Haleluya No. 252:1

Sonang i lambung Jesus sonang na roh hujin
Ulang be ho mabiar lao mangayaki in
Sai idilohon Jesus irikkonmalah au
Tadingkon hagolapan janah haposi au
Sonang i lambung Jesus sonang na roh hujin
Ulang be ho mabiar lao mangayaki in

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Comments are closed
**