Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 16 April 2021
15/04/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 16 April 2021

1. Doding Haleluya No. 147:1+6 “Ham Naibata Banggal Tumang”

Ham Naibata banggal tumang, janah borat dousangku,
Seng dong ijon i tanoh on, tarbaen haporusanku.

Padaoh Ham na jahat in, papansing Ham uhurhu.
Sihol unduk do au Bamu, sai hata-Mu do bangku.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Habakuk 2:4

Tonggor ma, halak na so pintor uhurni ibagas, sai na hurleh do, tapi halak parpintor, manggoluh do halani haporsayaonni.
Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya.

4. Renungan

Dalam hidup ini adalah hal yang biasa kita lihat tentang dua tipe manusia yakni ada yang disebut orang jahat dan orang yang baik. Kita sering melihat pada kehidupan nyata bahwa orang yang baik seolah-olah kurang dipelihara Tuhan, terlihat dari hidupnya yang biasa-biasa saja, sederhana sedang orang yang jahat yang kita tahu dia melakukan banyak tipu muslihat menguntungkan diri sendiri dan merugikan orang lain hidupnya secara materi berlimpah. Lalu muncul kebingungan bagi kita yang membuat kita bertanya, apakah ini adil? Apakah Tuhan tidak melihat apa yang dilakukan setiap orang? Fenomena yang sama yang dihadapi oleh Habakuk.

Habakuk adalah hamba Tuhan yang bersedih melihat dosa dan pelanggaran kerajaan Yehuda. Ia menyaksikan kejahatan dan dosa bangsa itu. Hati, pikiran dan kekuatan mereka pakai untuk melakukan yang bertentangan dengan kehendak Tuhan, bangsa Tuhan telah mengabaikan hukum, keadilan tidak diperdulikan lagi.

Namun lewat firman Tuhan ini, Allah meyakinkan Habakuk bahwa ketidaktaatan dan pemberontakan terhadap Allah tidak akan luput dari hukuman. Orang-orang yang tidak lurus hatinya dan sombong tidak akan mampu bertahan di hadapan Tuhan. Sebaliknya Tuhan memberi harapan kepada hamba-Nya bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkannya dan orang-orang yang setia, tetap bertahan melakukan yang benar. Jangan iri kepada orang-orang yang kelihatan sejahtera secara dunia namun sebenarnya jauh dari hadapan Tuhan. Tetaplah menjadi orang benar, hiduplah sesuai dengan imanmu. Sebab “orang yang dibenarkan oleh iman, akan hidup.” Orang yang dibenarkan di mata Tuhan, akan hidup. Semoga kita senantiasa hidup dengan iman, sebagaimana kita percaya kepada-Nya untuk memenuhi semua kebutuhan kita hari demi hari. Amin.

5. Doding Haleluya No. 112:1+3 “Sai Bujur ma Ho Mangimbang”

Sai bujur ma ho mangimbang hajahatonmin ganup
Taram sogop uhur holong ni Tuhanta in bamu.

Imbang, ase tong maringgas pabulatkon uhurmin.
Bai Tuhanta Jesus Kristus; Sai tundalhon dousa in.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Comments are closed
**