Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 17 April 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 17 April 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 17 April 2021

1. Nyanyian Kidung Jemaat No. 457:1

Ya Tuhan, tiap jam ku memerlukan-Mu,
Engkaulah yang memb’ri sejahtera penuh
Setiap jam, ya Tuhan, Dikau kuperlukan;
ku datang, Jurus’lamat, berkatilah!

2. Tonggo

3. Ayat Harian : Psalmen 86:11

Sai ajarhon Ham ma dalan-Mu hubangku, Ham Jahowa, ase mardalan ahu ibagas hasintongan-Mu, sai pabulat Ham ma uhurhu, laho mangkabiari goran-Mu.
Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya Tuhan, supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu, bulatkanlah hatiku untuk takut akan nama-Mu.

4. Renungan

Mazmur 86:11 ini adalah sebagian dari isi doa Daud kepada Tuhan pada Mazmur 86. Dalam doanya ia meminta pertolongan kepada Tuhan. Di dalam jiwanya ia merasa sengsara dan miskin (ayat 1). Ia memohon kepada Allah agar membuatnya bersukacita kembali dan mengampuni dirinya (ayat 4). Terdapat hubungan yang sangat akrab dan mendalam antara Tuhan dan pemazmur. Pemazmur menyampaikan permohonannya hanya kepada Tuhan, tidak pada allah lain, sepanjang hari terus menerus, tiada henti. Melalui nas ini juga, pemazmur dengan rendah hati memohon agar Tuhan menunjukkan jalan-Nya. Karena dengan demikian sajalah ia dapat hidup menurut kebenaran Tuhan.

Selanjutnya pemazmur memohon agar Tuhan membulatkan hatinya. Hati adalah akar dari semua masalah manusia. Di dalam hati itulah terletak sikap terhadap Tuhan dan pertimbangan bagaimana kita ingin hidup yang akan mengungkap diri dalam berbagai perbuatan. Permohonannya bukan sekedar tentang pengampunan, tetapi agar membulatkan hatinya, hingga ia takut akan Tuhan dengan taat pada firman Tuhan.

Dalam kehidupan ini kadang-kadang kita jatuh dan mengalami kegagalan. Masalah bisa saja membuat kita melupakan Allah. Melalui nas firman Tuhan ini kita diingatkan bahwa tidak perlu lupa akan Tuhan, tapi tetaplah meminta pertolongan Tuhan, Dia hanyalah sejauh doa, kita dapat berdoa seperti pemazmur agar Tuhan membulatkan hati kita masing-masing. Kita memohon agar tidak sekedar diberikan pengampunan, tetapi diberikan juga hati yang bersuka memuji Tuhan dan yang kuat untuk hidup sebagai pemenang (ayat 14-17). Sebab Tuhan yang kita sembah adalah baik dan kasih setia-Nya kekal selama-lamanya. Oleh karena itu, Tuhan juga telah dan akan memberikan kebaikan, kekuatan serta keselamatan bagi hidup kita. Amin.

5. Doding Haleluya No.443:1

Tolong Ham ma o Tuhan, haganup kuria-Mu,
Na dob loja manaksihon goran-Mu.
Pargogohi Ham homa, haganup jabolon-Mu
Manaburhon bonih harajaon-Mu.
Roh Ham Tuhan, bastu ma Ham.
Ai borat tumang do, siporsanon nami on,
Laho pajonamhon, horja on.
Pitah kuasa-Mu do, hatundalan na sintong,
Ase boi marsaksi hanai on.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS