Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 26 April 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 26 April 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 26 April 2021

 

  1. Mandoding Hal no 339:1

Jesus haposanku Ham ma hasomanku

Ulang au tarpunjung seng dong hasomanku

Jesus haposanku hasomani ahu

Ham ma hasomanku bai pardalananku

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Psalmen 34 : 14-15

Jaga ma dilahmu dompak hajahaton, ampa bibirmu humbani hata tipu. Surut ma ho humbani na masambor, horjahon na madear, pindahi damei anjaha parayak ma ai.

Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu. Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya.

 

  1. Renungan

Raja Daud sudah merasakan bagaimana hidup di dalam Tuhan dan di dalam perlindungan Tuhan. Dia merasakan bahwa perlindungan Tuhan itu sungguh luar biasa sehingga membebaskannya dari musuh yang besar. Karena itu dalam Mazmur ini Raja Daud mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan dan dia juga membagikan pengalamannya itu sekaligus memberi nasihat kepada bangsa Israel.

 

Menjadi anak Tuhan yang hidup di dalam Tuhan harus menunjukkan dalam kehidupannya sikap yang berkenan kepada Tuhan. Tuhan menghendaki agar setiap orang percaya mampu mengendalikan perkataannya. Lidah dan bibir orang beriman hendaknya mengucapkan perkataan yang baik dan yang membangun. Lidah orang percaya adalah lidah yang mengucapkan berkat. Janganlah lidah orang percaya mengucapkan kata-kata yang kasar, jahat, menipu dan merugikan orang lain.

 

Orang percaya juga diminta untuk menjauhi yang jahat, perbuatan yang tidak dikehendaki Tuhan dan yang menciptakan permusuhan dengan orang lain. Sebaliknya setiap orang percaya harus melakukan yang baik. Perbuatan baik hanya dapat dilakukan oleh orang yang hidup dalam Tuhan, yang telah merasakan perbuatan baik Tuhan. Perbuatan baik itu akan membawa perdamaian dan memang setiap orang percaya akan berusaha hidup dalam perdamain, bukan membuat kegaduhan atau menjadi provokator.

 

Itulah pesan yang disampaikan Firman Tuhan kepada kita hari ini yang menunjukkan bagaimana sikap orang yang hidup di dalam Tuhan. Bahkan dalam Mazmur ini diungkapkan juga bahwa, jika kita ingin hidup dengan umur panjang maka kita harus melakukan apa yang disebut Firman hari ini. Karena itu marilah kita nyatakan jati diri kita secara nyata di tengah dunia ini.

 

  1. Mandoding Hal no 268:2 (Jahowa Tuhankin)

Ham mangajari au bai sihatahononku

Dear marsahap au na sambor horomonku

Sai bahen Ham au on parhata na mantin

Margogoh ma tongon ganupan hatangkin

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS