Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 3 Mei 2021
02/05/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 3 Mei 2021

 

  1. Mandoding Hal no 7:1

Porini dong maribu hali paraloling ni sorangkin

Bois ni gogoh inggananni mamuji Naibatanta in

Ibaen malas ni uhurhin hinorhon ni pambaenNi in

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Psalmen 149 : 1

Haleluya. Dodingkon nasiam ma bani Jahowa sada doding na bayu, puji-pujian hu Bani ibagas kuria ni halak na daulat.

Haleluya! Nyanyikanlah bagi Tuhan nyanyian baru! Pujilah Dia dalam jemaah orang-orang saleh.

 

  1. Renungan

Haleluya, pujilah Tuhan! Inilah seruan yang dinaikkan oleh orang beriman yang telah merasakan perbuatan Tuhan yang luar biasa dalam hidupnya. Pujian yang disampaikan oleh orang percaya selalu memiliki latar belakang atau alasan. Kita tidak menaikkan pujian dengan begitu saja tanpa alasan, karena Tuhan juga tidak menginginkan hal seperti itu.

 

Mazmur ini mengajak kita untuk menyanyikan nyanyian baru bagi Tuhan. Mengapa nyanyian baru? Karena memang Tuhan selalu memberikan hal yang baru bagi kehidupan kita. Tidak pernah sama yang kita alami setiap hari, karena itu pujian kita kepada Tuhan juga harus diperbaharui. Di samping itu Tuhan juga berkarya memperbaharui hidup kita dari kehidupan yang lama. Jika hidup kita yang lalu dipenuhi dengan kelemahan, dosa dan hal yag tidak berkenan kepadaNya, Tuhan sudah mengutus anakNya untuk menjadikan kita hidup baru, sehingga lagu kita juga harus lagu yang baru.

 

Secara khusus diharapkan agar orang-orang yang sudah menerima kebaikan Tuhan, yang sudah mengalami penyertaan Tuhan, dan merasakan jamahan tangan Tuhan dalam hidupnya diharapkan untuk bernyanyi memuji Tuhan. Mereka yang sudah diperbaharui Tuhan disebut dengan orang-orang saleh. Mereka yang meminta pertolongan Tuhan, mereka yang menerima bimbingan Tuhan inilah yang disebut sebagai orang saleh. Karena itu jika kita menerima Tuhan dalam hidup kita dan mau diajar serta dituntun Roh Tuhan, kitalah juga yang disebut orang saleh.

 

Di saat ini kita juga masih bergumul dengan kehidupan yang serba dibatasi karena pandemi Covid-19. Jika kita adalah orang saleh seperti yang disebut dalam firman ini maka kita tidak berhenti dalam keputusasaan, sebaliknya kita harus tetap menaikkan pujian dan syukur kepada Tuhan. Kita tahu Tuhan itu baik dan menolong setiap orang yang berkenan kepadaNya, maka mari tetap menunjukkan jati diri kita sebagai anakNya.

 

  1. Mandoding Hal no 408:1

Haleluya puji ma Tuhan, pasangap marhiteihon gonrang na laingan

Irandu inggou na lurlur homa tangaron.

Dodingkon ma doding na baru, puji ma Ia bai hotakNi na i babou

Janah olobkon ma riap marmalas uhur

Sai tarbarita baen goranNi gok halongangan ganup jadi-jadianNi

Puji Tuhan, Haleluya

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Comments are closed
**