Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 7 Mei 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 7 Mei 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 7 Mei 2021

1. Doding Haleluya No. 350:1 “Holong na Humbani Jesus”

Holong na hunbani Tuhan, na roh humbai Jesus in.
Sai totap do marsinondang holongni Tuhanta in
Sai sondangkon ma holong-Ni das bai hagolapan in
Ase haganup pardousa ipaluah Naibata

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Daniel 12:3

Halak siparuhur marsinondang do songon sondang ni langit, anjaha sidea na manogu-nogu buei halak hu hapintoron marsinondang do songon bintang ronsi sadokah ni dokahni.
Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya.

4. Renungan

Setiap orang pasti memiliki kerinduan untuk menjadi pintar, smart, cerdas dan berprestasi. Segala usaha akan dilakukan untuk mencapai cita-cita dan keinginan menjadi orang pintar. Banyak orang tua juga menginginkan anak-anaknya pintar memiliki pengetahuan agar masa depannya cerah dan mendapatkan pekerjaan yang baik, jabatan yang tinggi, tentu akan memberi penghasilan yang cukup. Namun ada yang mengatakan bahwa orang pintar belum tentu bijaksana tetapi orang yang bijaksana sudah pasti pintar. Mungkin ada kekeliruan dalam berpikir dan menilai bahwa pengetahuan dan kepintaran akan berbanding lurus dengan kebijaksaan seseorang. Harapannya demikian, orang bijaksana akan berpikir dan bertindak sesuai dengan kepintaran, pengetahuan yang dimilikinya sehingga ia menjadi bijak dan berhikmat dalam menjalani kehidupannya. Maka sebagai orang percaya yang kita butuhkan adalah menjadi orang bijaksana.

Siapakah yang akan bercahaya seperti bintang-bintang di langit? Mereka adalah orang yang bijaksana. Itulah menurut Daniel, orang bijaksana akan bersinar sampai selama-lamanya. Hal serupa di dukung oleh Yakobus mengatakan bahwa orang yang dipenuhi hikmat yang datang dari atas akan menunjukkan hidup dan karakter yang baik. Mereka melakukan kebaikan dengan kerendahan hati: murni, mencintai damai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik (Yak.3:13-18). Karakter orang yang demikianlah yang dikehendaki oleh Tuhan.

Kita dapat membayangkan betapa baiknya karakter orang yang berhikmat. Mereka inilah yang dapat dan mampu menuntun orang lain kepada cahaya kebenaran Tuhan. Alkitab menyaksikan kepada kita bahwa tugas kita selagi masih berada di dunia ini adalah untuk menyaksikan perbuatan Tuhan yang besar. Menyaksikan tentang anugerah Allah dan kasih-Nya yang memelihara kita di tengah dunia yang penuh dosa ini. Dunia penuh dengan kesakitan dan penderitaan, kesedihan dan kematian. Dan menjadi Kristen tidak menjauhkan kita dari semua penderitaan itu, tetapi kita akan diberi kekuatan sehingga kita dapat bersukacita bertahan menjalani hidup ini. Kita membutuhkan hikmat dari Tuhan agar kita mampu menjalani hidup ini dengan bijaksana. Sehingga dengan hidup yang seperti itu kita akan bercahaya dan mampu menerangi dunia ini sembari berharap kita akan tetap bercahaya selama-lamanya. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 424:1 “Yesus Menginginkan Daku”

Yesus menginginkan daku bersinar bagiNya,
di mana pun ‘ku berada, ‘ku mengenangkanNya.
Bersinar, bersinar; itulah kehendak Yesus;
bersinar, bersinar, aku bersinar terus.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS