Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 8 Mei 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 8 Mei 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 8 Mei 2021

1. Nyanyian Kidung Jemaat No. 18:3

Allah hadir! O, percaya
dan berdoa pada-Nya
agar kita dikobarkan
oleh nyala kasih-Nya.
Dengan Roh Kudus ya Tuhan, umat-Mu berkatilah
Baharui hati kami; o curahkan kurnia.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jeremia 31:25

Ai Ahu do mambahen sombuh tonduy na mandate, anjaha Hupabosur do ganup tonduy na loheian.
Sebab Aku akan membuat segar orang yang lelah, dan setiap orang yang merana akan Kubuat puas.

4. Renungan

Setiap orang yang mengalami kelelahan pasti membutuhkan pemulihan agar supaya jasmani dan rohaninya segar kembali. Selanjutnya setiap orang yang merana juga membutuhkan pemulihan . dalam KBBI V kata “merana” adalah lama menderita sakit; selalu sakit-sakit; selalu menderita sedih (susah dan sebagainya). Dengan kata lain yang sakit pasti memiliki mimpi dan upaya agar ia sembuh dari sakit penyakitnya. Bagaimanakah dengan kesembuhan secara rohani, bagi semua umat manusia yang telah jatuh ke dalam dosa?

Nabi Yeremia menyatakan bahwa kasih-Nya melebihi semua penghukuman. Sebab itu Tuhan membuat perjanjian yang baru bahwa Tuhan akan memulihkan umat-Nya. Itu semua berkat anugerah dari Tuhan, artinya sebenarnya umat Israel tidak layak menerima pengampunan dan pemulihan, Tetapi karena anugerah mereka dilayakkan. Itulah janji bagi umat yang berada di pembuangan. Pengampunan dan pemulihan ini mencakup semua orang yang percaya kepada Tuhan. Pemulihan dilakukan Tuhan dengan menghimpun umat-Nya yang sudah tercerai berai karena pembuangan oleh Asyur maupun Babel kembali ke Sion, tempat Allah bertakhta ditengah-tengah umat-Nya. Atas hal tersebut Tuhan menyerukan kepada bangsa Israel bersorak sorai dan memberitakan kabar baik itu kepada bangsa-bangsa.

Ada suatu pengaruh dari kesaksian saudara yang telah sembuh dari virus corona. Kesaksian tersebut membuat kita semakin mengimani bahwa Tuhanlah yang memberikan anugerah kesembuhan tersebut. Demikian juga dengan darah Yesus yang tercurah di kayu salib, dosa kita yang merah seperti kermizi dihapuskan menjadi putih seperti salju. Mari juga kita sebagai umat tebusan merayakan kebebasan itu dan memberitakan kepada sesama. Kita dapat mewujudkan hidup baru kita dengan setia melayani Tuhan dan hidup yang senantiasa dalam kehendak Tuhan. Amin.

5. Doding Haleluya No. 343:1

Banggal tumang do holong-Mu,
pabayu goluhkon,
na doyuk kahou magou au
hape maluah do.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS