Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 15 Mei 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 15 Mei 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 15 Mei 2021

1. Nyanyian Kidung Jemaat No. 2:4

Suci, suci, suci! Tuhan Mahakuasa!
Patut Kau dipuji seluruh karyaMu.
Suci, suci, suci, murah dan perkasa,
Allah Tritunggal, agung namaMu!

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Kolosse 3:1

Ase anggo domma ipapuho nasiam rap pakon Kristus, pindahi nasiam ma na i atas ai, ijai do Kristus hundul i siamun ni Naibata.
Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.

4. Renungan

Di dalam Kolose 2:20-23 dituliskan: “Apabila kamu telah mati bersama-sama dengan Kristus dan bebas dari roh-roh dunia, mengapakah kamu menaklukkan dirimu pada rupa-rupa peraturan, seolah-olah kamu masih hidup di dunia?” Ayat ini mengingatkan agar orang percaya tidak lagi tunduk pada aturan dunia tetapi hidup mengikuti kehendak Kristus. Selanjutnya pada Kolose 3:1 ini Paulus menasehati jemaat Kolose yang telah dibangkitkan bersama dengan Kristus, mencari perkara yang di atas. Apa itu perkara yang di atas? Jemaat harus mencari hal-hal yang mulia yang berkenan di hadapan Kristus, sehati sepikir seperti Kristus. Hidup yang seperti jelas mengandung perubahan kepada suatu permulaan baru yang di dalamnya ada tanggungjawab meski ada tantangan. Arah kehidupan mereka tidak kembali kepada kehidupan lama. Sebab kehidupan lama tidak berkuasa lagi atas mereka. Karena mereka telah mempunyai fokus yang baru yakni berpusat kepada Tuhan.

Kristus melalui firman-Nya yang mengajar kita menaikkan ibadah yang benar dan berkenan di hadapan Tuhan. Ibadah yang benar ditujukan kepada Tuhan, sesuai tuntunan firman Tuhan dan pertolongan Roh Kudus. Jika ibadah yang kita jalankan benar, maka kita tidak akan keliru dalam menyembah Tuhan Allah di dalam Yesus Kristus. Lalu hidup kita pun diubahkan menjadi hidup yang memuliakan Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama manusia di mana pun kita berada.

Setiap kita orang percaya kepada Yesus Kristus bukan dari dunia. Oleh karena itu kehidupan setiap orang Kristen adalah di dalam Kristus. Artinya kita tetap memikirkan dan melakukan kehendak Tuhan Yesus. Sebab kita percaya bahwa Ia membawa kita dekat kepada Bapa. Yesus telah duduk di sebelah kanan Allah. Ini menunjukkan kemuliaan dan kemenangan-Nya. Ini jugalah pengharapan terbesar bagi setiap orang yang percaya. Maka apapun yang dialami pada masa kini, masa depan menawarkan supaya kita memilih ikut serta dalam kemuliaan Kristus. Amin.

5. Doding Haleluya No. 466:2

Horjahon ma rosuh-Ni
ase dapotan pasu-pasu horjamu in
manggargar na sinari,
janah tongtong ihasomani Tuhanta in:,:
Naima da tongon, amen sai saud ma sonin.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS