Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 17 Mei 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 17 Mei 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 17 Mei 2021

 

  1. Mandoding Hal no 380:1

Marhasoman Jesus, marhasoman Jesus sai monang hita on

Marhasoman Jesus, marhasoman Jesus talu sibolis in

Marhasoman Tuhan Jesus hita monang do tongtong

Marhasoman Tuhan Jesus sai monang hita on.

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Johannes 16 : 7

Tapi na sintong do na Huhatahon on bannima, ulihnima do in anggo laho Ahu. Ai ambit seg laho Ahu, seng anjai roh Sipangapiti in bannima, tapi anggo laho Ahu, suruhonKu do Ia bannima.

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

 

  1. Renungan

Setiap orang atau kelompok menginginkan agar selalu ada yang menjadi pengayom atau pemimpin dalam kehidupannya. Terlebih ketika ada tantangan atau pergumulan yang sedang dia hadapi. Rasa nyaman dan aman akan selalu dirasakan ketika ada yang lebih kuat di sekitar kita. Hal ini tentu juga mau mengatakan bahwa kita menyadari keterbatas dan kelemahan kita sehingga kita butuh pelindung.

 

Tuhan Yesus menyampaikan kepada murid-muridNya sesuatu yang membuat mereka harus menyadari bahwa tantangan itu tetap ada dan harus dihadapi. Orang yang membenci Yesus akan juga membenci para murid. Hal ini disampaikan Tuhan Yesus saat Dia akan meninggalkan mereka. Jadi bukan kata-kata yang membuat nyaman dengan meniadakan fakta yang harus dihadapi, justru Yesus berbicara tentang sesuatu yang benar akan mereka hadapi yaitu ancaman. Dengan memberitahukan hal tersebut tentu Tuhan Yesus mengharapkan agar para murid memersiapkan diri dengan baik

 

Dalam ayat hari ini kita melihat bahwa sebenarnya Tuhan Yesus tidak akan meninggalkan murid begitu saja. Penghibur akan datang kepada para murid. Penghibur yang dimaksud adalah Roh Kudus atau dalam Injil Yohanes ini disebut sebagai Roh Kebenaran. Roh itu yang akan memampukan para murid bertahan untuk melakukan kebenaran meskipun mereka dibenci atau bahkan dianiaya oleh para musuh. Roh Penghibur inilah yang akan menuntun kehidupan orang percaya menjalani hidup sebagai anak Tuhan.

 

Roh Tuhan akan senantiasa bersama dan memampukan kita untuk melakukan yang baik dan benar. Ketika kita masih berjuang bersama dengan sesama di dunia ini dalam menghadapi Covid-19, kita tahu bahwa Tuhan akan menguatkan kita melalui Roh-Nya. Kita harus terus berjalan sebagai anak Tuhan dengan memohon hikmat dari Roh Kudus sehingga kita bisa melampaui segala tantangan yang ada. Sang Penghibur yang diutus Tuhan akan menguatkan kita.

 

  1. Mandoding Hal no 332:1

Ham Tonduy Napansing in sai patoguh uhurhin

Sadokah bai goluhkon jolom Ham ma tangankon

Sai sonang do uhurhon managihon Ham tongtong

Ai niMu hutogu pe ho hu surga in use.

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS