Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 21 Mei 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 21 Mei 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 21 Mei 2021

1. Doding Haleluya No. 458:1 “Bai Ganupan Sidalanan mu in”

Bai ganupan sidalananmu in Jesus ma baen hasomanmu
Iparorot do ham tongtong ijin ronsi ondos bai tujuan mu
Ge daoh mahol sidalanamin ulang ham mandolei ijin
Seng boi sotto ham bahenonni in
Asal Jesus baen hasomanmin

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Musa 50:20

Na sambor do tongon tahi ni uhur nasiam hu bangku, tapi na madear do hadobanni ibahen Naibata, laho pasaudkon songon na niidah nasiam sadari on, ai ma pagoluhkon sada bangsa na bolon.
Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

4. Renungan

Nas ini adalah perkataan Yusuf kepada saudara-saudaranya. Dulu saudara-saudaranya telah menjualnya menjadi budak karena mereka cemburu. Namun meski mereka telah melakukan yang jahat kepada Yusuf yang menyebabkannya harus mengalami kesulitan dan penderitaan namun melalui semua pengalaman buruk itu Yusuf percaya dan menyerahkan hidupnya hanya kepada Tuhan. Yusuf percaya bahwa manusia terkadang keliru sehingga bertindak jahat namun Allah adalah baik. Maka meski mengalami berbagai pengalaman yang sulit itu, Yusuf percaya bahwa Tuhan akan membawanya kepada hal yang baik. Karena Allah selalu merencanakan rencana yang baik dan membawa kita kepada sukacita dan damai sejahtera.

Kita melihat bahwa saat itu Yusuf punya kuasa, dan beliau bisa saja membunuh atau memasukkan saudara-saudaranya ke penjara. Namun Yusuf tidak mau menyimpan dendam di dalam hatinya terlebih kepada saudara-saudaranya. Itulah sebabnya Yusuf tidak marah dan tidak mau membalas dendam. Ini sikap yang mengesankan. Karena Yusuf justru melihat hal yang positif lewat seluruh peristiwa itu, membawanya berada di posisi itu. Hingga Yusuf memiliki kemampuan untuk menyelamatkan keluarga dan juga bangsanya. Bagi Yusuf ini adalah cara Allah memelihara hidupnya dan memelihara bangsanya. Tuhan telah merencanakan dan mempersiapkan segala hal yang baik dalam hidupnya.

Demikian juga dengan hidup kita, pada masa lalu kita pernah mengalami hal-hal yang sulit dan menyakitkan. Atau mungkin saat ini kita berada dalam situasi berat, secara khusus akibat dari pandemi ini yang dapat membuat kita putus asa, sedih, seolah-olah tidak ada lagi harapan. Namun percayalah bahwa dalam semua itu Yesus hadir bagi kita. Yesus mengasihi kita. Ia dapat mengubah hidup kita, dari pergumulan menjadi sukacita dan penuh berkat. Maka tetaplah percaya kepada-Nya. Taruhlah iman dan harapan kepada Tuhan sang pemelihara hidup kita. Ketahuilah bahwa Tuhan senantiasa bekerja dan hadir dalam hidupmu baik dalam duka maupun suka. Tetaplah percaya dan fokus kepada Tuhan. Seperti Yusuf kita akan melihat bahwa semuanya baik dalam pemeliharaan-Nya. Amin.

5. Doding Haleluya No. 113:1 “Asal Rap Ampakon Tuhan Jesus Au”

Asal rap ampakon Tuhan Jesus au.
Sadokahni mangiankon tanoh hasusahan au.
Sonang do uhurhu, ai hubotoh Jesus hasomanku.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS