Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 24 Mei 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 24 Mei 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 24 Mei 2021

 

  1. Mandoding Hal no 83:1

Roh ma Ham Tonduy Napansing Naibatangku na botul

Uhurnami ma papansing mambalosi Ham bujur

Sai sondangi Ham totap uhurnami na golap

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Roma 8 : 5

Ai pardagingon do iparuhurhon na mangihutkon daging, tapi partonduyon do iparuhurhon na mangihutkon Tonduy in.

Sebab mereka yang hidup menurut daging memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.

 

  1. Renungan

Kehadiran Roh Kudus memberi kehidupan baru bagi orang percaya. Rasul Paulus menekankan bahwa peran Roh Kudus itu memerdekakan orang pecaya dari hukum dosa dan hukum maut. Karena memang upah dosa adalah maut, sehingga orang yang bebas dari dosa akan bebas dari maut. Hal inilah yang ingin ditekankan oleh rasul Paulus dalam bacaan hari ini.

 

Kelemahan manusia terjadi karena ketidakmampuannya melakukan segala sesuatu yang sudah diaturkan. Hukum Taurat adalah pemberian Tuhan untuk menuntun umat Allah berjalan sesuai dengan kehendakNya. Namun pada kenyataannya manusia masih menuruti keinginan dunia atau keinginan daging sehingga tidak lagi taat dalam menjalankan apa yang Tuhan kehendaki. Hal ini membuat manusia jatuh ke dalam dosa dan akhirnya kematianlah yang akan dia alami.

 

Ayat hari ini mengingatkan bahwa hidup kita akan ditentukan oleh pilihan yang kita ambil. Meskipun memang tidak selamanya seperti itu, tetapi pengaruh pilihan memang akan sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Yang membiarkan hidupnya dituntun oleh keinginan daging, yang memberikan dirinya mau melakukan apa yang diinginkan dunia ini, tentu akan membiarkan dirinya dikuasai oleh daging yang akhirnya jatuh ke dalam dosa. Sebaliknya jika Roh Tuhan menuntun hidup kita, atau ketika kita senantiasa merespon tuntunan Roh maka kita akan dimerdekakan dan diselamatkan dari dosa dan kematian.

 

Roh Kudus yang kita rayakan kehadiranNya pada hari Pentakosta, sudah berkarya dan akan terus berkarya dalam hidup kita. Kita buka hati kita untuk dituntun oleh Roh Tuhan agar kita dimerdekakan dan mampu melakukan yang terbaik dalam hidup kita. Di suasana pandemi Covid-19 ini kita juga diminta untuk dipimpin Roh Tuhan agar kita bersikap dan hidup dengan perilaku yang baik sebagai orang yang sudah dimerdekakan.

 

  1. Mandoding Hal no 453:2

Tonduy Napansing, bere Ham bannami on

Sai useihon Ham bai uhurnami se sintong

Ase dong pargogoh manlawan kuasa ni dunia na bajan

Ondos ma Tuhan hanai on nuan se torsa sadokah goluh on

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS