Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 29 Mei 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 29 Mei 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 29 Mei 2021

1. Doding Haleluya No. 401:1

Hupuji hupasangap Ham, Bapa pardear layak.
Ganupan ijadihon Ham, sonai age na masa.
Itompa Ham ganup hape, dagingku pakon tonduy pe
Na puji ma goran-Mu.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Heber 10:23

Poltik ma jolom hita pangarapan na dob niakuhonta in, ai hatengeran ni uhur do na marbagahkonsi.
Marilah kita teguh berpegang pada pengakuan kita, sebab Ia yang menjanjikannya, setia.

4. Renungan

Kapankah iman orang percaya kepada Yesus Kristus dapat goyah? Bisa jadi saat orang Kristen mengalami penderitaan, menghadapi tekanan hidup dari pihak lain. Kemudian di saat seseorang merasakan tidak ada lagi yang memperhatikannya saat dia mengalami sakit penyakit. Beberapa orang Kristen juga menghadapi suasana duka karena kehilangan orang yang dikasihinya. Situasi tersebut membuat beberapa orang Kristen menjadi acuh tak acuh terhadap persekutuan dan pelayanan.

Melalui nas ini penulis Ibrani memberikan nasehat kepada semua orang Kristen pada waktu itu juga mengalami tekanan hidup dari orang lain. Selanjutnya beberapa orang Kristen tersebut tidak lagi percaya kepada Yesus. Oleh sebab itu penulis surat Ibrani ini menunjukkan hal pastoral praktis kepada jemaat. Dengan tegas ia mengajak orang Kristen agar terus berpegang pada pengakuan kepada Kristus, suatu panggilan untuk bertekun dalam iman, pengharapan dan kasih serta perbuatan baik. Sebab mereka memiliki jaminan yang pasti akan kesetiaan Yang berjanji.

Kita diingatkan melalui nas ini untuk tidak meniru kebiasaan-kebiasaan beberapa orang yang menjauhi perkumpulan-perkumpulan ibadah Kristen. Namun diingatkan agar memakai kesempatan yang ada untuk saling menasehati. Di situasi sekarang ada beberapa orang Kristen beralasan “takut kena covid-19” maka tidak mengikuti perkumpulan-perkumpulan ibadah Kristen. Namun di sisi lain jika ke pesta-pesta sukacita, ke kedai dan lain-lain pergi mengikutinya. Kita tidak boleh terpengaruh pada kebiasan mereka tersebut, tetapi marilah tetap setia mengikuti perkumpulan-perkumpulan ibadah Kristen dengan tetap mentaati protokol kesehatan. Setiap orang Kristen adalah satu persekutuan yang berdamai, saling mengasihi. Tuhan menambahkan berkat jasmani dan rohani bagi kita serta memiliki jaminan bahwa Tuhan setia bagi semua orang yang percaya pada-Nya. Amin.

5. Doding Haleluya No. 348:1

Sauhur sapanriah ma, ganup kuria in
Marhasadaon na dear ibagas Tuhan in.
Riap ma hita haganup, mamuji Tuhan rup
Mardamei marsiurupan, marsihaholongan.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS