Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 2 Juni 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 2 Juni 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Rabu, 2 Juni 2021

1. Doding Haleluya No. 341:1

Ari na madear tumang lao marayakkon Tuhan in.
Hubaritahon Ham Tuhan bujur au mandalankon in.
Tuahkin ari in sanggah isasap dousangkin
Ai ipatalar dalankin janah iungkap uhurhin
Tuahkin ari in sanggah isasap dousangkin.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Petrus 2:5

Sai ra ma nasiam paulion songon batu na manggoluh, jadi rumah partonduyon ampa hamalimon na mapansing, laho mamboan galangan partonduyon, harosuh ni uhur ni Naibata, marhitei Jesus Kristus.
Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

4. Renungan

Sebuah bangunan yang baik adalah jika dibangun di atas pondasi yang sangat kuat yang didalamnya terdiri dari beberapa batu penjuru, yaitu batu besar yang ditempatkan pada fondasi di sudut utama suatu bangunan baru. Batu ini menghubungkan bagian ujung tembok dengan tembok sebelahnya, sehingga keduanya menyatu. Dalam bahasa konstruksi hal ini disebut sebagai pondasi. Pondasi merupakan suatu bagian paling dasar dari konstruksi sebuah bangunan yang bahan dasarnya merupakan kumpulan batu-batu besar pilihan yang sangat kuat yang berfungsi untuk meneruskan beban dari bagian atas struktur ke lapisan paling bawah. Pondasi bangunan sangat penting, karena berfungsi sebagai penopang beban bangunan. Pondasi bangunan menghasilkan bangunan yang kuat dan kokoh.

Dalam surat Petrus ini, sang rasul menyatakan bahwa Yesus adalah batu penjuru yang ditolak oleh manusia tapi sebenarnya ditinggikan oleh Allah. Ia dipilih oleh Allah dan ditentukan menjadi Tuhan semesta alam, kepala Gereja, Juruselamat umat-Nya dan Hakim atas dunia ini. Dan setelah Rasul Petrus menggambarkan Kristus sebagai dasar Ia akhirnya menasehatkan Jemaat Tuhan untuk memberikan diri dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan rumah rohani. Jemaat Allah merupakan rumah rohani dan mereka adalah Imamat yang kudus. Jemaat Kristen merupakan Bait Allah yang hidup yang tidak terdiri atas bahan-bahan bangunan mati, melainkan atas bagian-bagian yang hidup.

Kristus yang adalah dasar bangunan itu adalah batu yang hidup dan karena hal itu persembahan mereka menjadi harum di mata Tuhan, sebab persembahan yang berkenaan bagi-Nya hanyalah karena Yesus Kristus. Jemaat Kristus adalah penyataan Allah, pemilihan oleh Allah, kehendak Allah untuk mengumpulkan orang-orang beriman. Sebagai gambaran batu hidup untuk pembangunan rumah rohani kita dipanggil untuk menjadi pengikut dan masuk dalam karya dan rencana Allah serta ambil bagian dalam panggilan-Nya. Kita dipanggil untuk menjadi saksi akan karya Tuhan. Dan hidup yang dibangun di dalam Dia adalah hidup yang kokoh yang sanggup mengalahkan godaan dunia. Amin.

5. Doding Haleluya No. 347:1

Batu gingging na toguh, Ham do batar-batarhin
Na gogoh toguh do Ham, bai gilumbang tahan Ham
Sai hudilo Jesus in, tolong au anakMu on.

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS