Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 4 Juni 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 4 Juni 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 4 Juni 2021

1. Doding Haleluya No. 9:1 “Tuhan Naibata”

Tuhan Naibata, sai parorot Ham.
Daging pakon tonduy nami, in ma na pinindo nami
sai pajorgit Ham, ganup hanai on

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalm 16:1

Parorot Ham ma ahu Naibata, ai marlingod hu Bamu do ahu.
Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung.

4. Renungan

Pemazmur memohon agar Tuhan menjaganya seperti penjaga yang sedang berjaga di sebuah istana atau seperti gembala berjaga melindungi kawanan dombanya. Mengapa penjagaan dari Allah begitu penting bagi Pemazmur? Karena pencobaan dalam berbagai aspek hidup bisa datang dan kita tidak tahu kapan itu tiba dalam hidup kita. Yang kita tahu bagaimana kita selalu berada dalam penjagaan dan perlindungan Tuhan. Sehingga meskipun ada pergumulan yang datang kita percaya bahwa Tuhan menjaga kita dalam menghadapi semua itu. Seperti Ayub menyebut bahwa Tuhan adalah penjaga manusia (Ayb.7:20).

Ketika ada perkataan “jagalah Aku”, seluruh hidupnya, bagian dari dirinya diserahkan secara penuh kepada Allah. Sesungguhnya sikap seperti ini menunjukkan ketergantungan kita kepada Tuhan. Kita pasrah hanya di dalam Tuhan. Kita tidak dapat berjalan sendiri tanpa Tuhan. Kekuatan atau apapun yang kita punya ternyata itu tidak cukup sebagai bekal bagi kita untuk melangkahkan kaki. Bersama dengan Tuhan kita percaya diri dan tanpa Tuhan kita tidak percaya diri. Dengan keyakinan bahwa Tuhan adalah Allah yang maha hadir, maha kuasa dan maha tahu, yang selalu ada dalam setiap langkah hidup kita.

Di dalam Tuhan kita merasa aman. Seperti anak-anak ayam yang berlindung di bawah kepak sayap induknya, demikian Pemazmur menyerahkan hidupnya secara utuh dalam perlindungan Tuhan. Dalam naungan-Nya aman, tidak ada yang perlu ditakutkan, musuh tidak akan dapat menyerang sebab Tuhan senantiasa berjaga. Berada dalam perlindungan Tuhan bukan berarti diam tanpa aksi. Namun tetap menunjukkan karya lewat berbagai perbuatan yang baik. Hingga hidup memiliki dampak yang baik di mana pun berada. Dalam tiap langkah kita akan merasa aman, sebab berada dalam perlindungan Tuhan, Sang Penjaga yang setia. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 352:1 “Ai Halongangan Do Hape”

Ai halonganan do hape, holong ni Tuhan in
Itobus Kristus au hape pardousa na doyuk.
Tapi hubotoh janah porsaya, bani gogoh-Ni pakon kuasa-Ni,
ai iparorot do tong goluhku, das bai parujungan in.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS