Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 5 Juni 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 5 Juni 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 5 Juni 2021

1. Doding Haleluya No. 90:1

Haleluya! Na puji ma Bapanta Tuhan Naibata ibaen dear layak-Ni.
Sai tong ringgas ma hita bei pasangap Naibatanta in ibaen holong ateiNi.
Sangap, sangap, hagogohon, hatoguhon, hapentaran bai Bapanta na ibabou.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Pangungkabon 3:8

Hubotoh do sagala horjamu. Tonggor ma, domma Huungkab i lobeimu labah, na so boi tutupon ni barang ise pe. Ai age pe otik gogohmu, idalankon ham do Hatang-Ku, anjaha seng iparnalang ham Goran-Ku.
Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti Firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

4. Renungan

Nas renungan ini merupakan sebagian isi dari surat Rasul Yohanes kepada jemaat Filadelfia. Sebagai suatu penghiburan kepada jemaat tersebut karena begitu banyak penderitaan yang mereka alami. Beberapa di antaranya penganiayaan dari pemerintah yang berkuasa pada waktu itu dan gempa bumi yang merusakkan kota serta rumah mereka. Pada situasi tersebut Firman Tuhan dinyatakan, bahwa Tuhan membuka pintu bagi mereka. “Pintu” di sini melambangkan “kesempatan untuk melayani atau menginjili orang.” Istilah “pintu” juga sering menunjuk kepada kesempatan menginjili.

Dalam penginjilan tersebut Tuhan Yesuslah yang membuka pintu bagi mereka agar mereka dapat tetap melayani. Pekerjaan penginjilan itu dapat berlangsung karena Tuhan menghendakinya. Walaupun mereka tidak merasa mampu, namun mereka dapat berhasil karena Tuhan Yesus tahu bahwa kekuatan mereka sangat terbatas, tetapi mereka menuruti firman Tuhan dan mereka tidak menyangkal nama Tuhan Yesus.

Saat ini, memberitakan Injil adalah tugas dan tanggungjawab orang-orang Kristen. Marilah kita memohon bimbingan dari Tuhan agar kita dapat menyaksikan nama TUHAN, kepada sesama kita dan penyertaan-Nya. Sehingga kita dengan sukacita mempersembahkan jiwa kita kepada Tuhan. Marilah kita meneladani jemaat Filadelfia yaitu tekun dan setia kepada Tuhan di tengah-tengah kesukaran dan penderitaan yang kita alami. Secara khusus di tengah-tengah berbagai macam dampak wabah pandemi covid-19. Biarlah persekutuan, pelayanan serta menyaksikan firman Tuhan tidak kita tinggalkan, tetapi mari kita semakin mempererat persekutuan dan pelayanan dengan mengandalkan kekuatan dari TUHAN. Selanjutnya perkataan dan perbuatan yang kita nyatakan atau saksikan seturut dengan Firman Tuhan serta dapat memberikan dampak positif bagi kita dan sesama kita. Tuhan mengaruniakan kepada kita setiap orang Kristen, yang setia sampai akhir yakni mahkota kehidupan. Amin.

5. Doding Haleluya No. 102:3

Atap aha pe na masa, malas uhur pusok pe
Jolomanku na maharga, na marholong atei pe;
Ai sadokah au manggoluh, ‘ge dob bois bohalhin
Ningon Ham, o Sipagoluh, pujionku sai tongtong.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS