Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 7 Juni 2021
06/06/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 7 Juni 2021

 

  1. Mandoding Hal no 404:1

Ganup ari do in ronsi tahun hu taun

Sihol do hudodingkon goranMu

Ham Tuhan Naibata sai hupuji do Ham

Halani haganup layakMu

Ham arta na harga poltik hujolom in

Humbani na hinan Ham do tong Naibatangkin

Bonani na dear ronsi sadokahnin

Panondang na lihar bai ganup na golap in

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Psalmen 90 : 12

Ajari Ham ma hanami mamilangi ari-arinami, ase dapotan uhur na pentar hanami.

Ajarlah kami menghitung hari-hari kami, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.

 

  1. Renungan

Hidup kita memang sementara di dunia ini, bahkan digambarkan dalam Mazmur ini seperti bunga rumput yang mekar divpagi hari tetapi tidak bertahan akhirnya layu dan mati. Tidak ada yang mampu menambah hidupnya sehasta saja, seperti yang Tuhan Yesus katakan dalam kotbah di bukit. Ketika menyadari kefanaan kita maka seharusnyalah kita hidup dalam kebaikan dan kebenaran.

 

Mazmur 90 yang dituliskan oleh Musa ini juga berbicara tentang kefanaan kita. Bahkan hidup kita bisa berakhir ketika Tuhan marah akibat dosa atau kejahatan yang kita lakukan. Di samping itu hidup kita bisa tidak berarti atau menjadi sia-sia ketika Tuhan tidak berkenan kepada sikap atau pekerjaan yang kita lakukan. Akibatnya kita tidak bisa menikmati hidup ini dengan baik.

 

Ketika Musa melihat dan merasakan suasana tersebut, maka dia memohon kepada Tuhan agar Musa dan semua  bangsa itu mampu menghitung hari-hari dalam hidupnya sehingga beroleh hati yang bijaksana. Mengapa hati yang bijaksana? Dengan hati yang bijaksana maka kita akan mampu melihat dan melakukan kehendak Allah dalam hidup kita sehingga kita tidak menyia-nyiakan waktu yang ada dengan pekerjaan yang tidak berkenan kepada Tuhan. Ketika Tuhan berkenan pada kehidupan kita, maka hidup ini menjadi berarti.

 

Tuhan akan memberikan yang terbaik dalam hidup kita ketika kita melakukan apa yang baik di mata Tuhan. Itu hanya bisa kita lakukan ketika hati kita mendorong kita untuk selalu memandang Tuhan. Kita tidak akan mengatakan hidup ini sia-sia atau tidak berarti ketika kita berjalan bersama Tuhan. Hati yang bijaksana akan membuat kita menikmati hari-hari kita. Terpujilah Tuhan.

 

  1. Mandoding Hal no 459:3

O Tuhan tiap jam Bamu ma goluhkin

Anggo daoh do Ham soya do ganup in

Bai haganup ianan, Ham do hupindahi

Na roh do au sonari holong ma Ham.

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Comments are closed
**