Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 11 Juni 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 11 Juni 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 11 Juni 2021

1. Doding Haleluya No. 145:3 “Ringgas Hita Rup”

Horjahon bujur hata-Ni ganup,
sai monang jojor baeonon-Ni ganup .
Ai Ia do Raja na monang tongtong,
patitir pe bala manginsurut tong .

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Johannes 6:29

Nini Jesus ma mambalosi sidea: On do horja harosuh ni Naibata, ase porsaya nasiam bani na sinuruhNi.
Jawab Yesus kepada mereka: “Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.”

4. Renungan

Ketika kita berpikir tentang arti ‘kerja’ itu akan membawa pengertian sebuah aktivitas yang harus kita lakukan. Ketika beraktivitas pada saat yang sama sekaligus kita bekerja. Sebagai orang Kristen yang baik, selayaknya kita ingin bekerja untuk Tuhan, sebab kita dipanggil untuk pekerjaanNya. Kita pasti memiliki keinginan untuk menjadi pelayan yang baik dan setia, menjadi pekerja yang tidak akan malu ketika kita berdiri di hadapanNya kelak. Karena setiap orang yang telah diciptakan oleh Kristus, terpanggil untuk melakukan hal baik dan kita percaya untuk itulah kita telah dipersiapkan oleh Tuhan.

Tuhan Yesus memiliki perspektif yang berbeda ketika tentang arti kerja. Yesus mengatakan bahwa kita harus melakukan pekerjaan yakni pekerjaan Tuhan dan percayalah kepada Dia yang telah diutus oleh Bapa. Itulah pengertian yang sesungguhnya, bahwa Yesus mengajak agar orang banyak itu ‘percaya’ kepada Dia yang telah mengutus Yesus. Percaya bahwa Yesus Kristus telah menjadi ganti semua orang yakni semua orang berdosa, sebab Ia telah mati untuk membayar semua hutang dosa dengan nilai yang sangat berharga. Sebagai orang percaya kita harus tetap percaya kepada Kristus, beriman kepadaNya, serta percaya kepada hamba Tuhan yang menuliskan dan menyampaikan firmanNya.

Hidup yang kita jalani saat ini adalah hidup di dalam Kristus, Kristus ada di dalam kita. Tuhan telah mempersiapkan kita untuk melakukan pekerjaan yang baik. Dengan itu kita dapat menunjukkan cara hidup yang baru bersama Kristus dan Roh Kudus yang memampukan kita untuk itu. Tentu ini tidak mudah dan tidak dapat kita lakukan jika hanya mengandalkan kekuatan kita sendiri. Biarlah Tuhan yang dimuliakan dan semakin besar melalui setiap pekerjaan yang baik yang kita lakukan dalam hidup kita ini. Sebab kita dipanggilNya untuk memperluas kerajaanNya di dunia ini. Untuk hormat dan kemuliaan namaNya. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 466:1 “Ringgas Hita Marhorja”

Ringgas hita marhorja,
ase torsa marhasonangan goluhta on.
Sirsir do tong Tuhanta
mambere gogoh lao marhorja hubanta on
:,: Nai ma da tongon, Amen sai saud ma sonin.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS