Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 19 Juni 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 19 Juni 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 19 Juni 2021

1. Doding Haleluya No. 12:1

O Jesus Panondang i dunia on.
Mulani na torang tangar hatangkon.
Sai holong ateiMu bai pardousa on.
Ham ma mangapohi na marhoru on.

2. Tonggo

3. Ayat harian: Psalmen 117:2

Ai banggal do idop ni uhur-Ni banta, anjaha hasintongan-Ni ronsi sadokah ni dokahni. Haleluya.
Sebab kasih-Nya hebat atas kita, dan kesetiaan TUHAN untuk selama-lamanya. Haleluya.

4. Renungan

Mazmur ini adalah pujian kepada Tuhan. Di ayat 1 sebelum nas renungan, pemazmur mengajak seluruh suku bangsa untuk memegahkan Tuhan. Yang dimaksudkan “segala bangsa” di sini adalah seluruh bangsa, termasuk orang-orang dari bangsa bukan Yahudi. Ini memperlihatkan unsur universal. Semua bangsa diajak karena pujian ini merupakan jawaban atas keyakinan bahwa Tuhan memerintah seluruh dunia. Mazmur ini mempunyai tempatnya dalam kebaktian di Yerusalem sesudah masa pembuangan.

Selanjutnya pada nas ini diawali dengan kata “sebab”. Kata tersebut mau mengungkapkan mengapa Tuhan harus dipuji, yaitu karena keagungan, kehebatan kasih-Nya kepada umat-Nya yang menjadi nyata dalam segala tindakan dan karya-Nya serta kesetiaan Tuhan yang tidak pernah berkurang kualitasnya. Pemazmur juga menekankan tentang kasih setia Tuhan yang hebat atas kita. Perbuatan-perbuatan Tuhan terhadap bangsa Israel sungguh hebat dan dapat diandalkan.

Kasih Tuhan kepada kita lebih dari sekedar perasaan saja. Kasih Tuhan kepada segenap manusia yang percaya kepada-Nya adalah kekal selama-lamanya. TUHAN telah mewujudkan kasih-Nya di dalam anak-Nya Yesus Kristus (Yoh. 3:16). Pernyataan kasih-Nya telah tiba pada puncaknya dan genap dalam penyerahan diri Yesus Kristus (bnd. Yoh. 13:1). Tuhan menyelamatkan kita dari perbudakan dan hukuman dosa. Bukan semata-mata agar kita dapat menikmati kebaikan-Nya saat ini dan kelak di surga mulia. Namun kita diselamatkan agar kita memberi kesaksian tentang Tuhan kepada semua orang. Selanjutnya hidup kita dapat menjadi contoh bagaimana seharusnya hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Di saat ini pandemi covid-19 belum berlalu, tapi karena kasih-Nya kita tetap berpengharapan. Tugas kita juga mewartakan kabar baik untuk semua orang lintas bahasa, budaya dan bangsa. Amin.

5. Doding Haleluya No. 201:1

Puji tongtong Jahowa tongon
pardear gabei parholong atei sadokah ni in
pardear gabei in, parholong atei in.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS