Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis, 24 Juni 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis, 24 Juni 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Kamis, 24 Juni 2021

1. Doding Haleluya No. 18:1 “Hata-Mu ale Tuhanku”

Hata-Mu ale Tuhanku, arta siharganan ai.
Sai palongkot bai uhurhu, ulang lang hujolom ai.
Anggo seng be sijoloman Hata na madear ai
Aha ma na baen onjolanni haporsayaonkin.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 1:3

Songon hayu do ia na sinuan itopi ni bah mardalan, na marbuah bani musimni, bulungni pe seng ra melus, anjaha sagala hinorjahonni manjadi do.
Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

4. Renungan

Jemaat Tuhan
Nas kita hari ini diawali dengan gambaran kehidupan seseorang yang saleh, yang menjadi kunci penting untuk memeroleh kebahagiaan dan keberhasilan, dan yang Tuhan inginkan untuk dimiliki umat-Nya. Orang yang berbahagia karena hidupnya seturut dengan kehendak hati Tuhan, yang melakukan dan menghidupi firman-Nya, sehingga kehidupannya diberkati, dan gambaran kehidupan yang diberkati itu tertuang dalam ay.3 seperti yang tertulis dalam nas kita. Ada tiga ciri orang yang diberkati yang digambarkan melalui kehidupan sebuah pohon, yaitu yang menghasilkan buahnya pada musimnya (karena berada pada tempat yang tepat untuk menunjang pertumbuhkembangan pohon tersebut), yang tidak layu daunnya (tidak ada tanda-tada kematian pada pohon tersebut, karena dia mendapatkan asupan makanan yang dibutuhkan), dan yang apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Jemaat Tuhan
Kehidupan orang yang mengandalkan dan menghidupi firman-Nya adalah kehidupan yang selalu membawa energi positif, dampai baik bagi yang ada di sekitarnya. Bahwa ia akan menghasilkan buah-buah dalam hidupnya, tidak akan pernah layu (terus hidup) dengan disertai kebahagiaan, damai sejahtera dan sukacita, dan apapun yang diperbuat akan membawa hasil yang baik, baik untuk diri sendiri, keluarga maupun memberkati orang lain. Tentu hal ini hanya dapat diperoleh dan dinikmati oleh orang-orang yang telah menjalankan kehidupannya dengan kesalehan dalam firman Tuhan, karena sejatinya semakin kita bergaul akrab dengan firman Allah, maka semakin kita diperlengkapi dengan baik untuk setiap perkataan dan perbuatan baik.

Orang yang hidup dalm firman Tuhan adalah orang yang diberkati oleh Tuhan, dan ia akan menjadi seperti pohon, di mana berkat Tuhan menghasilkan buah-buah yang nyata, dan berkat Tuhan adalah kebahagiaan orang yang saleh. Bahwa kesejahteraan akan menyertainya ke mana saja ia pergi, dan ini terbukti dengan apa saja yang diperbuatnya, yang sesuai dengan firman-Nya akan mendatangkan kesejahteraan dan kebahagiaan sesuai dengan apa yang diharapkan

Jemaat Tuhan
Melalui nas ini kita diajarkan sebuah formula untuk memeroleh kebahagiaan, keberhasilan dengan hidup yang diberkati, sehingga mampu menjadi berkat bagi sesama kita. Sama seperti pohon yang hidup di tempat yang tepat, mendapat asupan yang cukup, dia akan menjadi sebuah pohon yang menghasilkan, demikian juga kita umat-Nya, yang hidup di tempat yang tepat, memeroleh asupan iman melalui firman-Nya, maka kehidupan kita juga akan menjadi berkat. Selamat tinggal dan hidup di dalam firman Tuhan, dan terimalah kebahagiaan dari-Nya. Amin.

5. Bernyanyi Kidung Pujian “Pribadi yang Mengenal Hatiku”

Seperti rusa yang haus rindu aliran sungai-Mu, hatiku tak tahan menunggu-Mu
Bagai padang gersang menanti datangnya hujan, begitu pun jiwaku, Tuhan
Hanya Engkau, Pribadi yang mengenal hatiku
Tiada yang tersembunyi bagi-Mu, seluruh isi hatiku Kau tahu
Dan bawa ‘ku ‘tuk lebih dekat lagi pada-Mu
Tinggal dalam indahnya dekapan kasih-Mu.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS