Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 25 Juni 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 25 Juni 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 25 Juni 2021

1. Doding Haleluya No. 458:1 “Bai Ganupan Sidalananmu in”

Bai ganupan sidalananmu in Jesus ma baen hasomanmu
Iparorot do ham tongtong ijin ronsi ondos bai tujuan mu
Ge daoh mahol sidalanamin ulang ham mandolei ijin
Seng boi sotto ham bahenonni in
Asal Jesus baen hasomanmin

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 71:20

Ham, na dob padageihon bannami hasosakan pakon parmaraan, sai pagoluhon-Mu do hanami use, sai panaikon-Mu do hanami use humbagas luhung-luhung ni tanoh.
Engkau yang telah membuat aku mengalami banyak kesusahan dan malapetaka, Engkau akan menghidupkan aku kembali, dan dari samudera raya bumi Engkau akan menaikkan aku.

4. Renungan

Pandemi covid 19 menyebabkan kita sekarang berada dalam situasi berat, membuat kia bergumul. Sebab banyak di antara kita yang terpapar bahkan ada yang meninggal dunia. Ini menjadi situasi yang sangat sulit bagi kita. Mungkin karena pahit dan beratnya hidup yang dialami saat ini, kita mungkin bertanya, “Apakah Tuhan tidak melihat semua keadaan ini?” Sampai kapan ini akan terjadi? Mampukah kita bertahan? Saat situasi ini membawa kita berada dalam kesedihan, keresahan, kebingungan, kecemasan, dan ketakutan.

Namun nas hari ini menuntun kita, meski sedang dalam kekalutan arahkanlah pandangan kepada Tuhan, itu yang akan menenangkan dan menyegarkan jiwa kita. Lihatlah pada pengorbanan Kristus di kayu salib, dalam pergolakan yang sangat berat seolah-olah Allah meninggalkanNya, namun Ia tetap bersamaNya. Demikian juga Allah akan senantiasa bersama dengan kita, Ia yang memampukan kita melalui masa yang berat ini.

Pemazmur percaya bahwa Tuhanlah yang menyertainya melalui kesusahan dan malapetaka. Ia yang akan menopang, memulihkan, menaikkan dan menghidupkan kita dari ke dalaman kesedihan kita. Mungkin kita sedang sangat terpuruk, namun Tuhan tidak akan membiarkan dan meninggalkan kita.

Biarlah melalui pengalaman berat yang kita alami saat ini, menuntun kita untuk semakin dekat kepada Tuhan. Marilah kita semakin berserah dan mengandalkan Tuhan dalam setiap doa dan permohonan kita. Kita semakin beriman dan berharap kepada Tuhan yang akan memulihkan dan memberkati hidup kita ini. Yakinilah dalam imanmu bahwa kamu begitu berharga di mata Tuhan, dan melalui kita Tuhan mau menunjukkan kasih dan kebaikanNya kepada dunia ini. Tuhan yang akan merestorasi hidup kita menjadi semakin baik dan indah seturut dengan kehendakNya, bagi kemuliaanNya. Amin.

5. Doding Haleluya No. 327:1 “Marpangunsandeian bani Tuhan in”

Marpangusandeian bani Tuhan in,
puji sai pasangap ma goran-Ni in
Monang halani hatani Tuhan in,
mangarapkon parpadanan in
Sai mangarap bani padan ni Tuhanta Jesus Kristus
Sai mangarap ma hita bai partobusan-Ni in

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS