Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 30 Juni 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 30 Juni 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Rabu, 30 Juni 2021

1. Doding Haleluya No. 130:1

Ai domma jumpah au ondolan ni tonduyhin na magou in
Darohni Jesus do manahan sadokahni dokahni in
Maseda pe dunia on, tongtong togap ondolan on.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Podah 24:10

Anggo seng tahan ho bani panorang hasosakan, ai ma tandani na hurang do gogohmu.
Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.

4. Renungan

Di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang sedemikian pesat tidak terlepas dari peran masing-masing tokoh yang memanfaatkan peluang bisnis dari dunia internet. Banyak milioner dunia yang kekayaannya atau penghasilannya diperoleh dari dunia internet. Salah satu tokoh yang berhasil memanfaatkan dunia digital internet menjadi bagian dari penghasilannya berasal dari Asia tepatnya berasal dari negeri China yaitu yang bernama Jack Ma yaitu pendiri raksasa e-commerce Alibaba Grup. Namun seperti pepatah yang mengatakan bahwa “tidak ada seseorang yang lahir langsung menjadi superstar” nampaknya dia alami juga. Jack ma sebelum mulai merintis usahanya di dunia digital dia banyak menerima penolakan dari orang-orang di sekelilingnya namun tidak membuat tawar hatinya untuk terus berjuang. Dalam dunia bisnis yang ditekuninya juga ada banyak tantangan yang dia alami dalam pembangunan bisnis Alibaba yang dimulai sejak tahun 1999. Bermula sebagai perusahaan kecil, dia bekerja siang dan malam mengembangkan Alibaba Grup. Menurutnya, semua orang perlu percaya dengan masa depan yang lebih baik. Hingga akhirnya bisnisnya menjadi besar dan banyak orang pada akhirnya mendapatkan lapangan pekerjaan.

Saudara sekalian, kecenderungan manusia jika diperhadapkan pada masa kesesakan, tantangan serta penolakan cenderung berkecil hati, kita cenderung kendur dan patah semangat. Kita tenggelam lalu lemah terkulai. Ini menjadi tanda bahwa kekuatan manusia sebenarnya kecil. Orang yang berhikmat di dalam Kitab Amsal bahkan menyebut orang seperti hal tersebut di atas sebagai orang lemah yang kekuatannya sangat kecil. Yang tidak mau bersusah -payah, yang kesukaannya hanya bermalas-malasan, bersenang-senang dan membuang-buang waktu.

Sebenarnya apa respon kita ketika kesusahan menghampiri? Kita tidak boleh tawar hati dan dikuasai oleh masalah. Berdirilah teguh dan kuat serta menaruh sauh pengharapan kepada Tuhan yang menguatkan. Setiap orang yang mengandalkan Dia akan diberi kekuatan. Ia melimpahkan kasih karunia agar kita menaklukkan persoalan hidup (2 Kor. 12:9) dan Ia memberi kemampuan agar kita tekun dan sabar melewati segala proses untuk mencapai kemenangan (Kol. 1:11). Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini merupakan sebuah proses perjalanan perjuangan iman, yang seharusnya kita tidak menjadi larut dan terseret dalam derasnya gelombang dan kesesakan yang datang menghadangnya, ketika kesesakan menghadang kuatkanlah hati dan teruslah berusaha semampunya dan Dialah yang meneguhkan hati. Amin.

5. Doding Haleluya No. 248:1

Huhaholongi Ham gogohku, huhaholongi Ham tongtong
In ma marhitei pambaenanku, humbani gok ni uhurhon
Ai Ham do manondangi au, ronsi na matei au.

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS