Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 3 Juli 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 3 Juli 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 3 Juli 2021

1. Doding Haleluya No. 459:1

O Tuhan tiap jam, au mamorluhon Ham.
Ai Ham tumang na boi pasonang uhurhin
Bai haganup ianan, Ham do hupindahi
Na roh do au sonari, holong ma Ham.

2. Tonggo

3. Ayat harian: Epesus 2:22

Ibagas Ia do homa nasiam ipauli-uli, gabe ianan ni Naibata ibagas Tonduy in.
Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.

4. Renungan

Melalui nas ini Paulus pertama-tama ingin menyatakan bahwa jemaat Efesus yang bukan Yahudi bukan lagi orang-orang asing. Tetapi mereka sudah menjadi warga penuh keluarga kerajaan Tuhan, melalui dan di dalam Yesus kita tinggal satu rumah dengan Tuhan. Manusia bisa saja membangun pagar dan dinding-dinding pemisah; gereja-gereja bisa saja mengkhususkan meja perjamuannya hanya untuk anggota-anggota jemaatnya sendiri. Hal yang paling menyedihkan adalah jika gereja lebih ekslusif dari Tuhan Yesus sendiri.

Selanjutnya Paulus ingin mengatakan bahwa orang-orang Kristen di Efesus adalah gambaran sebuah gedung. Dalam bayangan Paulus, setiap gedung Gereja adalah bagian dari sebuah gedung besar. Setiap orang Kristen digambarkan sebagai batu yang merupakan bagian dari bangunan gedung gereja itu. Batu penjuru dari seluruh gereja adalah Kristus sendiri, dan Dialah yang mempersatukan segalanya dalam gereja itu.

Setiap kepelbagaian bagian-bagian gedung Gereja harus dilekatkan pada Kristus. Keseluruhannya merupakan satu kesatuan karena seluruhnya dipakai untuk berbakti kepada Tuhan dan untuk bertemu Kristus. Oleh sebab itu asal kesatuan gereja adalah dari Kristus, bukan dari organisasi maupun dari pelayanan ibadahnya. Ubi Christus, ibi ecclesia, yang artinya di mana Kristus ada, di situ gereja ada. Kristus sendiri tidak ada membeda-bedakan, seluruh orang yang percaya dari berbagai latarbelakang suku bangsa disatukan-Nya.

Di sinilah gereja harus sadar bahwa keberadaannya tidak untuk menyebarluaskan pandangan seseorang, melainkan untuk menjadi tempat kediaman Kristus dan Roh Kudus. Gereja adalah tempat kita orang yang saling mengasihi di dalam kasih Kristus. Dalam ibadah, pergaulan dan karya kita, sepatutnyalah nama Tuhan Yesus ditinggikan. Dengan demikian persekutuan dan pelayanan kita dapat bertumbuh bersama dalam iman dan menghasilkan buah. Amin.

5. Doding Haleluya No. 202:2

Domma roh au, Ham Tuhanku, roh ma use Ham hujon;
Ai i rumah ianan-Mu hamegahon do tongtong
Masuk Ham bai uhurhon, rumah-Mu ma in tongtong

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS