Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 9 Juli 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 9 Juli 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 9 Juli 2021

1. Doding Haleluya No. 340:1 “Huondoskon bani Jesus”

Huondoskon bani Jesus haganupan diringkon
Ia do pasangaponku sadokah bai goluhkon
Huondoskon ma, huondoskon ma.
Bani Jesus Sipaluah, huondoskon ma

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 2 Samuel 10:12

Tenger ma uhurmu, imbang hita ma sidea mangkopkop bangsanta pakon mangkopkop huta ni Naibatanta; anjaha ipasaud Jahowa ma rosuh ni uhurni.
Kuatkanlah hatimu dan marilah kita menguatkan hati untuk bangsa kita dan untuk kota-kota Allah kita. TUHAN kiranya melakukan yang baik di mata-Nya.

4. Renungan

Ketika raja bangsa Amon wafat, raja Daud mengutus beberapa hambanya untuk menghibur dan menunjukkan kebaikan kepada anak raja yakni Hanun. Tetapi Hanun curiga dan tidak yakin terhadap perhatian dari raja Daud. Mereka takut bahwa Daud akan balas dendam terhadap Amon, maka mereka mengajak orang Aram untuk bergabung dengan mereka untuk menyerang Jerusalem. Joab, panglima Daud melihat bahwa bangsa Aram dan Amon telah mengepung mereka dan mengutus saudaranya Abisai untuk memimpin bangsa Israel melawan orang Amon, sedang ia memimpin melawan orang Aram.

Kelihatannya mereka seperti berada di antara tempat yang berbatu, di kepung, posisi yang sulit. Tetapi karena dalam setiap pertarungan, baik secara fisik, mental, atau spiritual yang terutama kita senantiasa bergantung pada Tuhan, maka Joab mengatakan dengan bijak, “Kiranya Tuhan melakukan yang baik di mata-Nya.” Joab memahami bahwa Israel menghadapi konflik ini bukan karena kesalahan yang mereka lakukan, tetapi karena orang Amon dan Aram yang memaksa pertarungan itu. Karena mereka tidak bersalah, maka mereka berhak mengharapkan berkat dari Tuhan dalam perang itu. Jadi Joab percaya dan tahu bahwa Tuhan ada di pihak mereka. Ia percaya bahwa jika mereka telah melakukan hal yang terbaik, maka Tuhan dapat melakukan hal mustahil bagi manusia. Dalam hal ini Tuhan akan mengalahkan musuhnya. Begitulah Joab bersandar penuh hanya pada pertolongan Tuhan.

Dalam hidup saat ini, kita perlu melakukan apa yang mungkin bisa kita lakukan, dan kita lakukan yang terbaik, selebihnya kita serahkan kepada Tuhan yang akan memberikan hasil akhir seturut kehendaknya. Kita juga bisa melakukan apa yang bisa kita lakukan untuk Tuhan, dan kita percaya bahwa semua yang kita lakukan ada dalam kendali dan kuasa Tuhan.

Kita mungkin sedang bergumul saat ini, kita dipaksa harus mampu bertarung seperti bangsa Israel. Mungkin karena berbagai tekanan, masalah, pergumulan secara khusus pandemi Covid 19 ini. Dan virus itu datang dari luar kita, yang menyebabkan sebagian orang terpapar dan menderita. Namun, kita belajar dari sikap Joab untuk mampu mengatakan bahwa, “Kiranya Tuhan melakukan yang baik di mata-Nya.” Kebaikan yang kita mohon dari Tuhan tentu, memampukan kita bertahan bahkan menang melawan virus sehingga kita beroleh kemenangan dan kesehatan. Biarlah hati kita percaya bahwa Allah berada di pihak kita, dan menolong kita seperti kesaksian Pemazmur, “Diamlah dan ketahuilah bahwa Akulah Tuhan!” Kiranya Tuhan yang menolong kita tetap berdiam di hadapan-Nya, hanya berharap pada-Nya dalam melalui hari demi hari selama pertarungan kita di dunia ini. Amin.

5. Lagu Pujian “Semua Baik”

Dari semula t’lah kau tetapkan
Hidupku dalam tangan-Mu
Dalam rencana-Mu Tuhan
Rencana indah t’lah Kau siapkan
Bagi masa depanku yang penuh harapan
S’mua baik, s’mua baik
S’gla yang t’lah Kau perbuat
Di dalam hidupku
S’mua baik, sungguh teramat baik
Kau jadikan hidupku berarti

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS