Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 13 Juli 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 13 Juli 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 13 Juli 2021

1. Doding: “Saya Mau Ikut Yesus”

Saya mau ikut Yesus
Saya mau ikut Yesus
Sampai selama-lamanya
Meskipun saya susah
Menderita dalam dunia
Saya mau ikut Yesus
Sampai selama-lamanya

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Rom 8:17

Ai anggo anak hita, dihut ma panean, panean bani Naibata, hasoman panean ni Kristus. Anggo hasoman-Ni hita manaron, gabe hasoman-Ni ma homa hita ibagas hasangapon.
Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

4. Renungan

Ada kalanya warisan yang tidak diharapkan yang diterima seseorang dari orang tertentu dapat mengubah kehidupannya. Tentu kita juga menginginkan ada di posisi sipenerima warisan tersebut dimana kita menerima berkat dari seseorang yang mengasihi kita dan tentunya pemberian itu akan menjadikan kehidupan kita semakin baik lagi.

Nas hari ini mengatakan kepada kita bahwa kita adalah ahli waris kerajaan Allah bersama-sama dengan Kristus. Warisan yang kita terima adalah warisan yang sangat besar, penuh. berharga, dan kekal yang tidak dapat dibandingkan dengan harta warisan duniawi yang fana dan sementara ini. Warisan dunia sebesar apapun itu apabila diwariskan secara merata kepada banyak ahli waris, maka secara matematis masing-masing penerima hanya akan menerima sejumlah tertentu dari total jumlah warisan itu. Namun matematika sorgawi sangat berbeda karena setiap anak-anak Allah yang menjadi warga kerajaan-Nya melalui Kristus akan menerima warisan secara penuh dari kepenuhan dan kekayaan kerajaan Allah. Tidak ada yang dibeda-bedakan di hadapan Bapa. Tidak ada yang diabaikan dan tidak menerima apa-apa. Segala sesuatu yang diperoleh Kristus akan diperoleh oleh orang yang percaya kepada-Nya, dan memang Kristus telah memperoleh dan memiliki segala sesuatu. Dia adalah pewaris dan pemilik segala sesuatu.

Selaku pewaris bersama Kristus kita memiliki hak istimewa yang luar biasa. Kita ditetapkan Allah di dalam Kristus menjadi orang yang luar biasa di dunia ini yang memiliki pengalaman hidup yang sangat mulia. Kita adalah anak-anak Tuhan yang ditetapkan menjadi kepala dan bukan ekor. Apa yang diwariskan Allah kepada Kristus dapat kita miliki dan alami. Kita dapat menjadi sesuatu yang luar biasa di tengah-tengah dunia ini karena kita adalah anak-anak Allah yang Maha Kuasa. Tidak ada yang tidak mungkin bagi anak-anak Allah, karena Allah Bapa kita adalah pencipta segala sesuatu. Walaupun orang lain yang memerintah tapi Allah menetapkan kita untuk menguasai. Sementara orang berjuang merebut posisi atau jabatan tertentu tetapi Allah berkuasa menetapkan kita untuk tugas yang dikehendaki-Nya. Hal seperti ini telah dibuktikan dalam sejarah dalam diri orang yang percaya kepada-Nya seperti Daniel dalam pemerintahan raja-raja Babel demikian juga Yusuf dalam pemerintahan raja Mesir.

Demikian juga dengan kita bahwa Yesus dapat menjadikan kita menjadi pemenang dan penguasa atas apapun yang terjadi dan sedang terjadi di dunia ini. Oleh karena itu jangan pernah membiarkan apapun juga menghalangi relasi kita dengan Kristus. Apapun situasi yang kita hadapi, janganlah kiranya hal itu menjauhkan kita dari Kristus karena jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, maka kita juga akan dipermuliakan dan berkuasa bersama-sama dengan Dia.
Selaku anak-anak Allah dan pewaris bersama-sama dengan Kristus, kita harus hidup sesuai dengan pimpinan Roh Allah karena kita adalah anak-anak Allah.

Ini juga berarti kita harus memiliki iman yang hidup kepada Allah. Hanya orang yang benar-benar tunduk kepada kehendak Allah yang pantas disebut pewaris bersama Kristus. Selaku pewaris bersama Kristus maka Kristuslah yang harus menentukan langkah hidup kita. Apapun yang terjadi tetaplah bersama Kristus karena Paulus yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita (Rom 8:38). Amin

5. Doding Haleluya No. 271:1-2

Naibatangku hasomanku bai arian borngin pe
Ipatorsa do langkahku ase tahan au hape
Sai tenger do uhurhin Naibata hasomankin
Sadokah-dokahni in.

Naibatangku hasomanku ‘ge marsitaronon au
Ia do tongtong Bapaku hinaholongan-Ni au
Sai tenger do uhurhin Naibata hasomankin
Sadokah-dokahni in.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS