Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 17 Juli 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 17 Juli 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Sabtu, 17 Juli 2021

1. Nyanyian Kidung Jemaat No. 13:1

 

Allah Bapa, Tuhan, dimuliakanlah nama-Mu!

Allah Bapa, Tuhan, dimuliakanlah nama-Mu!

Langit bumi ciptaanMu, kamipun anak-anak-Mu.

Datanglah dengan kasih-Mu!

 

2. Tonggo

 

3. Ayat harian: Psalmen 66:10

 

Tongon domma iuji Ham hanami, alo Naibata, domma ilobur Ham hanami songon na manlobur pirak.

Sebab Engkau telah menguji kami, Ya Allah, telah memurnikan kami, seperti orang memurnikan perak.

 

4. Renungan

Tidak seorangpun yang senang mengingat masa lalu. Apalagi yang pengalaman tersebut berupa penderitaan. Oleh karena itu, setiap orang berusaha untuk melupakan atau mengabaikannya. Tetapi pemazmur dan bangsa Israel mengingat masa lalu mereka sewaktu menderita karena perbudakan dan pembuangan. Pemazmur dan bangsa Israel bersyukur memuji Tuhan, yang telah memurnikan bangsa Israel melalui api dan air melalui penderitaan mereka dalam perbudakan dan pembuangan. Tuhan bukan saja membawa mereka ke tempat yang berkelimpahan tetapi juga dimurnikan Tuhan sepanjang proses tersebut. Memang menyakitkan tetapi adalah suatu proses agar tetap dapat bertahan walau dalam keadaan sulit sekalipun.

Saat ini kita berbeban berat akibat pandemi covid-19 dan diuji melalui berbagai hal kesulitan dampak pandemi tersebut. Tidak seorangpun mengetahui kapan akan berakhir pandemi ini. Untuk itu mari kita andalkan Tuhan untuk memperoleh kekuatan dan ketahanan. Tuhan sedang memurnikan kita melalui setiap kejadian berat ini. Tidak dapat dipahami mengapa kita harus menanggung kesengsaraan tahun demi tahun. Cobaan seakan-akan tiada berakhir dan tidak ada tujuannya. Hari-hari berlalu dengan sia-sia dan kita seperti tidak melakukan sesuatu hal yang berarti.

Namun rencana dan pekerjaan Tuhan akan selalu mendatangkan kebaikan. Walaupun dalam proses permurnian-Nya tidak menyenangkan tapi menyakitkan namun tidak sampai menghancurkan. Justru melalui pencobaan itu kita semakin hidup dalam kesabaran, ketaatan, kerendahhatian dan juga keunggulan lain yang belum kita miliki. Selayaknyalah kita menyembah dan memazmurkan Tuhan karena melalui Kristus Yesus hidup kita dimerdekakan dan dimurnikan. Kita bersama-sama dengan berbagai-bagai gereja dan aliran Kristen bersatu dalam sukacita memuji Tuhan, agar dunia percaya. Dalam pelayanan saling menopang menjadi kemuliaan bagi Tuhan. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat  No. 300:5

Aku bersyukur dan memuji Tuhan

Kar’na diriku ikut Kau masukkan

Dalam kawanan domba tebusanMu

Oleh darahMu.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS