Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 19 Juli 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 19 Juli 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 19 Juli 2021

1. Doding Haleluya No. 352:2

Marhitei idop uhur in porsaya au tongon
Janah gogoh ni hataNin pasonang uhurhon
Tapi hubotoh janah porsaya bani gogohNi pakon kuasaNi
Ai iparorot tongtong goluhku das bai parujungan in.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Mateus 6:33

Parlobei ma pindahi hanima harajaon ni Naibata ampa hasintonganni, dob ai tambahkononni do ganupan ai bannima.
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

4. Renungan

Belakangan ini semakin banyak orang yang menjadi kuatir akan hidupnya, terlebih di tengah keadaan yang tidak menentu akibat penyebaran virus Corona yang sudah semakin banyak variannya. Media yang kita baca, bagi sebagian orang dilihat sebagai cara untuk mengetahui yang sebenarnya tetapi justru semakin membuat orang bingung. Para ahli di bidang yang sama juga tidak sepakat sehingga muncul teori yang bermacam-macam. Akhirnya ada yang menjadi apatis sehingga mengambil sikap untuk tidak membaca koran atau menonton TV atau membaca berita dari internet.

Tahun 90-an peneliti di Amerika juga sudah menuliskan bahwa kekuatiran akan menjadi penyakit yang lebih banyak dijumpai sehingga mereka mengusulkan untuk lebih memperbanyak cara untuk membuat rileks dan menenangkan diri. Namun apakah itu akan menyelesaikan persolan? Tentu kita mengatakan bahwa ada benarnya tetapi juga belum tentu akan menyelesaikan persoalan semua orang.

Tuhan Yesus dalam kotbah di bukit menunjukkan bahwa Dia perduli dengan kehidupan kita, dan Dia tahu bahwa kekuatiran akan membuat orang tidak bisa menikmati hidupnya bahkan bisa kehilangan imannya. Itu sebabnya Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita untuk melihat sekeliling tentang apa yang sudah Tuhan lakukan di dunia ini terhadap kita dan ciptaan lainnya. Apakah kekuatiran akan membuat kita bisa hidup lebih lama? Tentu tidak. Karena itu Tuhan ingatkan bahwa Tuhan mengetahui pergumulan kita sehingga kita diminta untuk tidak memberi perhatian utama kepada pergumulan kita, tetapi tetap mengutamakan kerajaan Allah karena di sanalah sumber kehidupan itu.

Saat ini kita juga masih menghadapi tantangan yang disebut gelombang kedua penyebaran virus Corona. Melalui firman hari ini kita diberitahu bahwa Tuhan mengerti keadaan kita. Mari kita mengutamakan Kerajaan Allah dan kebenaranNya, mengutamakan hidup yang Tuhan kehendaki, sehingga kita tidak menyerah dengan keadaan atau menyalahkan keadaan melainkan kita meminta Tuhan menguatkan dan memberi yang kita perlukan. Tuhan adalah sumber kehidupan maka hanya di dalam Dialah kita menjalani kehidupan dan menghadapi semua tantangan ini agar kita tidak dikuasai kekuatiran tetapi dikuasai kasih dan kebaikan Allah. Amin.

5. Doding Lagu Kidung Keesaan No. 288:1

Cari dahulu Kerajaan Allah beserta kebenarannya
Maka semua ditambah padamu
Haleluya, Haleluya.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS