Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 24 Juli 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 24 Juli 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 24 Juli 2021

1. Nyanyian Kidung Jemaat No. 8:1

Bagi-Mu, Tuhan, nyanyianku, kar’na setaraMu siapakah?
Hendak kupuji Kau selalu; padaku Roh Kudus berikanlah
Supaya dalam Kristus, Putra-Mu, kidungku berkenan kepada-Mu.

2. Tonggo

3. Ayat harian: 2 Korint 4:7

Tapi ibagas ianan na urah na bolah do iboan hanami arta on, ase Naibata simada hagogohon na sumurung in, ulang hanami.
Tapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.

4. Renungan

Rasul Paulus menegaskan kepada jemaat Korintus bahwa yang mereka beritakan adalah Yesus Kristus sebagai Tuhan, bukan diri mereka. Kemudian melalui istilah harta ini Paulus mengingatkan kita bahwa Injil merupakan permata berharga yang telah dipercayakan kepadanya. Kata bejana tanah liat melukiskan manusia ada di dalam kelemahan dan kerapuhannya. Namun Tuhan memberikan kepada manusia pertolongan dan kekuatan yang bukan biasa-biasa saja tetapi luar biasa, disebutkan dalam ayat ini ‘melimpah-limpah’ berarti “karakter” atau sifat yang luar biasa, berlebih-lebih.

Pandemi covid-19 dengan varian-varian baru memperlihatkan kelemahan dan kerapuhan manusia. Sebagai manusia memang kita ini penuh kelemahan, tetapi jika kita mengijinkan Tuhan berkarya dalam hidup kita, Ia sanggup mengubah kelemahan kita menjadi kekuatan. Sama seperti Paulus, keberadaan kita juga tidak lebih dari bejana tanah liat yang mudah sekali retak, cacat dan pecah, tapi bila kita benar-benar mempercayakan hidup kepada Tuhan Sang Penjunan, Dia akan membentuk kita sesuai dengan kehendak dan rencana-Nya.

Kita ini memang penuh keterbatasan, ditambah lagi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari pemerintah. Namun kita yakin Tuhan yang kita sembah di dalam nama Yesus Kristus memiliki kuasa yang tidak terbatas. Dia tidak pernah dibatasi oleh keterbatasan kita. Melalui nas ini kita diajar untuk bergantung kepada Tuhan, melekat kepada-Nya dan tetap punya kerendahan hati. Agar kita tidak mengandalkan kekuatan sendiri dan menjadi sombong, tetap disiplin prokes. Kita tidak boleh terus terintimidasi iblis yang selalu membesar-besarkan kelemahan kita, sebaliknya kita lawan dengan memberitakan Injil. Kekuatan dan kebesaran Tuhan, memampukan kita untuk melakukan pekerjaan yang dilakukan Tuhan, malah lebih besar daripada itu. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 402:3

Kuperlukan Jurus’lamat, dalam langkah juangku
siang malam, suka duka, dengan Tuhan kutempuh
Maka jiwaku tenang, takkan takut dan enggan
Bila Tuhanku membimbing,’ku di malam pun tent’ram

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS