Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 31 Juli 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 31 Juli 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 31 Juli 2021

1. Doding Haleluya No. 401:1

Hupuji hupasangap Ham, Bapa pardear layak
Ganupan ijadihon Ham, sonai age na masa
Itompa Ham ganup hape, dagingku pakon tonduy pe.
Na puji ma goran-Mu.

2. Tonggo

3. Ayat harian: Jesaya 44:21

Paruhurhon ma on ale Jakob ampa ho ale Israel, ai juak-juakku do ho! Ahu do na manjadihon ho, juak-juakKu do ho ale Israel, seng anjai lupahononku ho.
Ingatlah semuanya ini, hai Yakub, sebab engkaulah hamba-Ku, hai Israel. Aku telah membentuk engkau, engkau adalah hamba-Ku, hai Israel, engkau tidak Kulupakan.

4. Renungan

Yesaya pasal 44 masuk dalam bagian Deutero Yesaya yakni bangsa Israel berada di pembuangan. Mereka dalam keadaan hancur tanpa harapan. Tuhan melalui nabi Yesaya memberitakan bahwa tidak lama lagi Allah membebaskan umat-Nya dan membawa mereka pulang ke Yerusalem, untuk memulai suatu hidup baru. Tuhan merencanakan untuk mengutus umat-Nya ke segala bangsa yang akan diberkati melalui Israel.

Melalui nas ini Tuhan juga berbicara kepada bangsa Israel melalui Yesaya bukan sekedar mengingatkan bahwa Ia mampu melakukan segalanya saat itu, tetapi juga mengingatkan sejarah di masa lampau. Melalui perkataan-Nya di ayat 21 ini Ia sudah sejak dahulu melakukan segala sesuatu yang dikehendaki-Nya di bumi ini. Tuhan berkata: “engkau tidak kulupakan, sebab sejak zaman Abraham, Ishak dan Yakub, Tuhan sudah mengikat perjanjian-Nya.” Bahwasanya dengan kasih setia-Nya, terhadap janji kepada umat-Nya, Tuhan telah menghapus segala pemberontakan mereka.

Tuhan telah menyatakan kasih karunia-Nya melalui anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan tidak membalas dengan setimpal kejahatan dan dosa-dosa kita. Itu adalah tindakan anugerah Tuhan. Yesus telah menanggung hukuman itu bagi kita. Atas kedaulatan-Nya, Ia telah mengampuni dan juga memulihkan hidup kita. Pandemi Covid-19 memang belum berlalu dari tengah-tengah kehidupan. Mungkin sebagian dari kita merasakan bahwa Tuhan tidak peduli lagi, atau mungkin Tuhan lupa pada kita. Tetapi Tuhan berbicara melalui nas renungan hari ini bahwa kita tidak pernah dilupakan oleh Tuhan. Ia tetap mengingat janji-Nya tidak pernah meninggalkan umat-Nya. Tuhan jugalah yang memelihara kehidupan kita supaya lebih baik, meski di tengah krisis. Maka tetaplah bersandar pada Tuhan, sebab Ia penebus dan pemilik hidup kita. Jangan menyerah dan berputus asa. Mungkin kita melakukan dosa janganlah menolak untuk bertobat. Lakukan firman Tuhan dalam kehidupan kita. Lawan berhala dan ikatan dosa dengan kuasa Kristus yang sudah bangkit dari kematian dan mengalahkan dosa dan maut sampai selama-lamanya. Selamat menikmati hidup bersama dengan Tuhan, pemelihara hidup kita. Amin.

5. Doding Haleluya No. 354:3

Ganggu ni uhur tading ma in
Jesus au roh, roh hu Bamu
Sai haposanku ma hata-Mu
Jesus au roh Bamu
‘Ge pandoleian ni uhurhin,
Sai huayubkon bai holong-Mu
Gabe martuah megah ma au,
Jesus au roh Bamu.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS