Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 3 Agustus 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 3 Agustus 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 3 Agustus 2021

1. Doding Haleluya 204:1-2

Tatap hanai on na humpul ijon
Sihol do pujion nami layak-Mu o Tuhannami.
Tatap hanai on na humpul ijon.

Togu hanai on, na mardousa on;
Ale Jesus Tuhannami, sai maidop ham bannami.
Togu ham tongtong na mardousa on.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Heber 4:13

Anjaha seng dong na tinompa, na lingod hun lobei-Ni, haganup do tene tidak anjaha ungkab bani pangidah-Ni, hu-Bani do hita martanggung jawab.
Dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.

4. Renungan

Sadar atau tidak, seringkali kita menganggap dan meyakinkan diri kita bahwa rahasia yang tersimpan dalam lubuk hati kita yang terdalam adalah aman, tidak ada yang mengetahuinya selain diri kita sendiri saja. Namun melalui nas hari ini kita diingatkan untuk memikirkan kembali anggapan yang salah tersebut karena sesunggunnya ada Allah yang Maha Tahu dan mengetahui segala sesuatu tentang kita bahkan melebihi pengetahuan kita tentang diri kita sendiri. Kita diingatkan oleh nas hari ini bahwa tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya. Mata Tuhan melihat segala ciptaan-Nya. Tidak ada satu pun apa yang kita pikirkan, lakukan, pergumulkan tersembunyi dari Tuhan karena segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata-Nya. Ya, Dia tahu setiap sisi atau segi dari seluruh keberadaan kita secara terperinci dari inci ke inci.

Memang sikap keterbukaan atau transparansi terkadang sangat sulit bagi setiap orang karena seringkali keinginan daging dan egoisme diri sendiri yang berasal dari si iblis berkuasa serta meyakinkan kita untuk memenuhi keinginannya. Namun nas kita mengajak kita untuk belajar terbuka dan transparan serta membaharui diri serta memohon pengampunan dan pertolongan Tuhan atas sendi-sendi kepribadian dan kehidupan kita yang seringkali tidak terbuka dan transparan. Kita mungkin dapat menyembunyikan sesuatu dari manusia tetapi tidak dari Tuhan karena firman-Nya mengatakan bahwa Allah mengetahui segala sesuatu tentang kita. Dia mengetahui jumlah rambut pada kepala kita, pikiran kita bahkan sebelum kita berpikir dan memikirkan sesuatu, ketika kita tidur , ketika bangun tidur dan sebagainya. Ya, Tuhan Pencipta kita mengetahui segala sesuatu tentang kita dan kita tidak ada satupun yang dapat kita sembunyikan dari-Nya. Oleh karena itu, kita hanya menipu diri sendiri jika kita menganggap seolah-olah Allah tidak tahu apa yang kita pikirkan dan kerjakan dalam hidup kita.

Pada kenyataannya, manusia memang seringkali melakukan apa yang dinamakan tipu daya atau tipu muslihat. Kita sering menipu diri sendiri dan sering juga mencoba untuk menipu orang lain. Akan tetapi Allah melihat dengan jelas seluruh gambaran diri kita, siapa kita secara luar dalam. Hanya Tuhan yang mengetahui siapa kita , posisi dan keberadaan kita, apa yang sedang kita hadapi, apa yang kita perlukan sehingga Ia mengorbankan Anak-Nya Yesus Kristus mati demi keselamatan kita. Lebih daripada itu, Firman-Nya berkuasa membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita melebihi pengenalan kita atas diri kita sendiri. Firman Tuhan tidak hanya berkuasa menyatakan apa yang ada dalam hati kita, tetapi juga membedakan apa yang baik dan apa yang buruk dalam diri kita. Maka marilah kita senantiasa menyerahkan hidup dan keberadaan kita kepada Tuhan dan memohon hikmat, tuntunan serta petunjuk-Nya agar kita dapat berkenan kepada-Nya karena hanya kepada-Nyalah kita harus memberikan pertanggungjawaban hidup kita. Karena tidak ada yang tersembunyi di mata Tuhan, maka marilah kita juga memohon pertolongan Tuhan agar kita diberi kekuatan menghadapi Pandemi Covid-19 dan dijauhkan dari ketakutan dan kekuatiran. Ingatlah bahwa tidak ada yang tersembunyi dari Tuhan. Jadikanlah firman-Nya menjadi penuntun bukan yang akan menuntutmu kelak. Tuhan memberkati. Amin.

5. Doding Haleluya No. 234:1+3

Tandai Ham ma au, pareksa Ham pakon uhurhu,
Uji Ham au, papangkei ham pakon dalanku!
Itandai Ham do au on, O Tuhan.

Sai tatap Ham au, ‘se tambah haporsayaonku;
Togu Ham au, hu surga papintor langkahku.
Halani Anak-Mu in, Naibata.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS