Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 6 Agustus 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 6 Agustus 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 6 Agustus 2021

1. Doding Haleluya No. NKB 143:1 “Janji Yang Manis”

Janji yang manis: “Kau tak ‘Ku lupakan”,
Tak terombang-ambing lagi jiwaku,
Walau lembah hidupku penuh awan,
Nanti ‘kan cerahlah langit di atasku.
“Kau, tidak ‘kan Aku lupakan,
Aku memimpinmu, Aku membimbingmu;
‘kau tidak ‘kan Aku lupakan,
Aku penolongmu, yakinlah teguh.”

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jesaya 44:21

Paruhurhon ma on ale Jakob ampa ho ale Israel, ai juakjuak-Ku do ho! Ahu do na manjadihon ho, juakjuak-Ku do ho, ale Israel, seng anjai lupahonon-Ku ho.
Ingatlah semuanya ini, hai Yakub, sebab Engkaulah hamba-Ku, hai Israel. Aku telah membentuk engkau, engkau adalah hamba-Ku; hai Israel, engkau tidak Kulupakan.

4. Renungan

Nas ini mengandung janji yang indah dan berkat dari Allah untuk umat-Nya. Respon yang perlu dilakukan umat ialah melakukan dan membagi berkat yang diterimanya dari Allah. Tuhan mengingatkan Israel, juga kita saat ini sebagai orang percaya bahwa kita adalah milik-Nya. Ia yang telah memanggil Israel menjadi hamba-Nya. Demikian juga hendak mengingatkan kita bahwa Tuhan tidak pernah melupakan kita, justru sebaliknya Ia senantiasa mengingat kita. Tuhan tahu segalanya tentang kita, bahkan ia tahu hitungan rambut yang ada di kepala kita. Semuanya tentang kita, tentang apa yang kita lakukan, apa yang kita pergumulkan, kesusahan serta kesesakan kita Dia tahu semuanya. Tuhan mau kita sebagai umat-Nya untuk selalu sadar bahwa kita ini adalah hamba-Nya. Jika kita hamba maka kita harus hidup sesuai dengan kehendak-Nya yakni melayani Tuhan dalam hidup kita. Tuhan mengasihi kita, Ia mengingat, mengampuni dan memberkati kita.

Kita bersyukur bahwa Tuhan mengingat kita, tentu yang diingat oleh Tuhan adalah kasihNya yang besar yang rela mengampuni dosa-dosa umat-Nya. Kemudian Tuhan pasti mengingat kesetiaan, kebaikan dan ketaatan kita di sepanjang hidup kita. Tuhan pasti bangga melihat buah-buah kebaikan yang kita tunjukkan di dalam hidup kita ini. Ternyata berkat Tuhan yang diberi bagi kita itu berbuah lewat kesaksian hidup para hamba-hamba-Nya yang setia.

Tuhan tidak pernah melupakan kita, Ia tidak pernah meninggalkan kita. Maka tetaplah bergantung dan berharap hanya pada Tuhan sebab Ia adalah setia. Mungkin saat ini kita sedang mengalami kesulitan karena pandemi yang masih terus ada di tengah-tengah kita. Namun di tengah masa sulit sekali pun, Tuhan hadir menguatkan dan menolong kita sehingga kita mampu melewati masa-masa kelam ini. Sebab Tuhan kita adalah Allah yang sanggup membebaskan dan melepaskan kita dari semua penderitaan dan kesakitan kita. Kita percaya dengan kasih, kebaikan dan tangan-Nya yang lembut mengangkat setiap beban yang ada dalam hidup kita. Percayalah ada masa ketika kita dapat melihat dan menyaksikan tangan Tuhan yang memulihkan dan membaharui hidup kita serta memberi hari depan yang penuh pengharapan. Tetaplah berserah dan berpaut pada Allah kita yang baik dan setia. Amin.

5. Doding Haleluya No. 246:1 “Sai Dingat Jesus Tuhanmin”

Sai dingat Jesus Tuhanmin, na roh hub anta jolma,
Na manadingkon surga in, nap ala gabe jolma,
Sai ulang lupa ham ijin, ai in do hagoluhanmin,
Sai puji ma lah Ia.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS