Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 9 Agustus 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 9 Agustus 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 9 Agustus 2021

 

  1. Mandoding Hal no 107:1

Irikkon nasiam ma Au sonai nini Tuhanta

Sai parnalang ma dirimu hatangKu malah harga

Sai mambur bahenlah ganup parlahoumin na so talup

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Podah 12 : 19

Bibir na sintong totap do lalab, tapi dilah sipaoto-oto tongkin do ai hansa.

Bibir yang mengatakan kebenaran tetap untuk selama-lamanya, tetapi lidah dusta hanya untuk sekejap mata.

 

  1. Renungan

Berkomunikasi yang baik dan sehat adalah dambaan semua orang. Berita yang baik dan benar akan menjadi kerinduan kita semua. Namun kita harus menyadari bahwa ternyata hal sebaliknya justru terjadi di sekitar kita. Bahkan dengan media komunikasi yang ada hal yang tidak baik dan tidak benar juga berkembang. Hal ini tentu membuat kita harus menjadi semakin teliti dan hati-hati terhadap semua informasi yang beredar di antara kita.

 

Firman Tuhan hari ini menginginkan agar setiap orang percaya berada di pihak yang selalu membicarakan kebenaran. Kebenaran yang dibicarakan oleh orang percaya tentunya harus sejalan dengan sikap hidup yang baik. Ketika kita berbicara kebenaran maka kita akan menciptakan suasana yang lebih baik, bukan justru membuat kegaduhan atau keraguan agar dia bertahan sampai selamanya.

 

Perkataan yang tidak benar atau dusta, sesungguhnya bukanlah bagian dari kehidupan kita. Meskipun di tengah dunia ini kita sering tidak mengetahui apakah yang dikatakan orang lain itu benar atau dusta, sehingga memang diperlukan untuk lebih hati-hati. Yang lebih parah adalah bahwa orang yang berkata dusta justru yang kelihatan lebih meyakinkan dan menggunakan kata-kata yang sangat bernas. Namun apapun itu kita yakin bahwa Tuhan tidak akan membiarkan dusta bertahan lama. Kita harus menjaga lidah kita agar bukan kita yang ikut berkata dusta.

 

Tuhan menginginkan agar kita tetap menyadari perbedaan antara orang benar dengan orang bodoh atau jahat. Kehadiran orang benar sangat diharapkan memberi yang terbaik di tengah kehidupan ini termasuk dalam percakapan atau pemberitaan yang membawa kedamaian. Kehadiran orang benar dalam keadaan saat ini adalah memberikan suasana yang membangkitkan semangat hidup agar pandemi tidak membuat orang menjadi terkungkung tetapi akan mampu bangkit mengalahkan ketakuatan dan menyehatkan tubuh dan jiwa.

 

  1. Mandoding Hal no 330:3

Solukkon hapintoran in baen partahananmin

Age haporsayaon in baen gantar gantarmin

Naheita sai ringgas, uhurta pe gopas

Mangambilankon damei in Hata ni Tuhan in

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS