Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 16 Agustus 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 16 Agustus 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 16 Agustus 2021

 

  1. Mandoding Hal no 458:1

Bai ganupan sidalananmu in Jesus ma baen hasomanmu

Iparorot do ham tongtong ijin ronsi ondos bai tujuanmu

Ge daoh mahol sidalananmin ulang ham mandolei ijin

Seng boi sotto ham bahenonni in asal Jesus baen hasomanmin

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Psalmen 92 : 14

Sidea na sinuan i rumah ni Jahowa, sai marbunga do sidea bani alaman ni Naibatanta.

Mereka yang ditanam di bait Tuhan akan bertunas di pelataran Allah kita.

 

  1. Renungan

Adalah kerinduan setiap orang untuk hidup dalam kebahagiaan dan berhasil dalam segala upaya yang dilakukannya. Kita mengimani bahwa Tuhan juga berkenan kepada kerinduan yang demikian. Hanya sebagai orang beriman kita akan mengatakan bahwa bertumbuh dan berbuah di dalam Tuhan adalah segalanya bagi kita. Untuk itu kita berupaya agar hidup kita berkenan pada Tuhan dan diberkati oleh Tuhan.

 

Dalam Mazmur 92 ini ingin dikatakan bahwa Tuhan adalah subjek dari segala sesuatu. Tuhan itu baik dan adil dalam setiap tindakannya, sehingga dengan kebaikanNyalah Dia memberkati orang benar atau orang yang percaya kepadaNya. Dalam hal ini kita tentu akan mengatakan bahwa karena Tuhan saja orang akan menikmati keberhasilan dalam hidupnya, bukan karena upayanya sendiri. Tuhan berada di pihak orang yang benar yang tidak melakukan kejahatan dalam hidupnya.

 

Gambaran yang diberikan pada ayat harian kita adalah ‘yang ditanam di bait Tuhan’ menggambarkan bahwa orang yang hidup di dalam Tuhan dan bertumbuh di dalam Tuhan, inilah yang akan bertunas dan akan berbuah serta menjadi gemuk dan segar. Kita tahu bahwa Tuhan adalah sumber kehidupan dan kehidupan di dalam Tuhan adalah kehidupan yang sempurna. Karena itu biarlah kita bertumbuh selalu di dalam Tuhan, hidup dalam kasih karuniaNya, hidup dalam ketentuan dan ketetapanNya.

 

Di saat ini kita juga menginginkan agar hidup kita bisa lebih baik, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Pandemi telah mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, tetapi kita percaya jika kita bertumbuh di dalam Tuhan maka kita akan bisa menghadapi tantangan itu. Kita akan dikuatkan sehingga pohon kehidupan kita tidak rusak oleh keadaan ini. Inilah pengharapan kita di masa pandemi ini. Kita akan terus bertumbuh bahkan berbuah dalam kebaikan Tuhan meskipun kita menghadapi tantangan yang berat. Kebaikan Tuhan akan menyertai kita karena kita melakukan yang benar di hadapan Tuhan.

 

  1. Mandoding Hal no 352:2

Marhitei idop uhur in porsaya au tongon

Janah gogoh ni hata Nin pasonang uhurhon

Tapi hubotoh janah porsaya bani gogohNi pakon kuasaNi

Ai iparorot tongtong goluhku das bai parujungan in

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS