Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis 19 Agustus 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis 19 Agustus 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Kamis, 19 Agustus 2021

1. Doding Hal.No. 327:1 “Marpangusandeian bani Tuhan in”

Marpangusandeian bani Tuhan in, puji sai pasangap ma goran-Ni in.
Monang halani hatani Tuhan in, mangarapkon parpadanan in.
Sai mangarap bani padan ni Tuhanta Jesus Kristus.
Sai mangarap ma hita bai partobusan-Ni in.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Podah 20:18
Saud do sura-sura marhitei panriahan, halani ai marhitei partimbangan ma dalankon porang.
Rancangan terlaksana oleh pertimbangan, sebab itu berperanglah dengan siasat.

4. Renungan

Jemaat Tuhan…
Kata bijak yang mengatakan bahwa “Hidup ini adalah Perjuangan” mengandung makna bahwa sepanjang kita berada diatas dunia ini, maka kita akan terus berjuang dan berjuang, hingga akhirnya kita menjadi pemenang. Saat ini kita juga sedang berjuang keluar dari pandemi yang mungkin meresahkan kita, yang membuat kita khawatir, gelisah, dan cemas. Tapi, tentu kembali kepada istilah diatas, bahwa hidup ini adalah perjuangan, saat kita berjuang tentu ada langkah-langkah yang harus kita tempuh sehingga kita dapat menjadi pemenang. Tahap awal dari langkah yang kita tempuh adalah menyusun rancangan dengan pertimbangan. Untuk setiap apapun yang akan kita lakukan, maka kita perlu menyusun rancangan, karena sejatinya bertindak tanpa rencana mungkin disebabkan oleh kesombongan atau ketakutan. Karenanya sebelum melaksanakan suatu rencana yang besar maka seseorang akan lebih dahulu mengadakan pertimbangan-pertimbangan.

Jemaat Tuhan…
Lalu saat seseorang sudah menentukan rancangannya, maka hal berikutnya yang akan dilakukan adalah menentukan siasat (strategi). Orang yang ingin memenangkan perjuangan diatas dunia adalah orang yang memiliki strategi yang terbaik. Siasat/strategi adalah tindakan terencanakan dan dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan. Kalimat bijak dari Sun Tzue: “Senjata paling ampuh dalam sebuah perang adalah strategi”. Rancangan dan strategi adalah hal yang dibutuhkan saat kita berjuang bahkan berperang.

Jemaat Tuhan..
Dalam menjalani kehidupan ini tentu kita juga akan berhadapan dengan musuh/godaan dengan mengikuti keinginan-keinginan duniawi dan yang siap merenggut kebebasan dan kemerdekaan kita. Bahkan musuh/godaan itu bisa saja mendorong kita untuk melakukan dosa. Lalu ditengah-tengah perjuangan kita, hal yang harus kita lakukan adalah: merancang hidup ini agar tidak terjerumus dengan musuh yang akan membawa kita dalam dosa, lalu langkah selanjutnya adalah kita datang kepada-Nya sebagai sebuah startegi jitu orang yang percaya. Datang dan berserah kepada-Nya sebagai “Sang Panglima” dalam kehidupan kita. Tentu kita tidak bisa menghindari godaan-godaan yang selalu hadir dalam kehidupan kita, tetapi dengan startegi yang jitu, dengan datang dan berserah kepada-Nya, kita akan mampu melewati semua cobaan dan musuh yang akhirnya membawa kita kepada kemenangan. Hidup adalah Perjuangan, dan berjuanglah bersama dengan-Nya.. Amin.

5. Doding : Haleluya No. 340:1,3 “Huondoskon Bani Jesus”

Huondoskon bani Jesus haganupan diringkon.
Ia do pasangaponku sadokah bai goluhkon
Huondoskon ma, huondoskon ma.
Bani Jesus Sipaluah huondoskon ma.
Huondoskon bani Jesus horja ampa uhurhon.
Roh ma Ham Tnduy Napansing, sai urasi uhurhon.
Huondoskon ma, huondoskon ma.
Bani Jesus Sipaluah, huondoskon ma.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS