Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu 28 Agustus 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu 28 Agustus 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 28 Agustus 2021

1. Doding Haleluya No. 5:1

Hupuji holong ni atei-Mu, o Tuhan Jesus Rajangkin.
Bamu huondoskon tonduyhu, ai do na pinindo-Mu in.
Huhalupahon ma diringku mamingkir holong ni atei-Mu.

2. Tonggo / Doa

3. Ayat harian : Psalmen 6:9

Surut ma nasiam humbangku, sagala sihorjahon hajahaton, ai itangihon Jahowa do sora ni tangis-tangisku.
Menjauhlah dari padaku, hai sekalian yang melakukan kejahatan, sebab Tuhan telah mendengar tangisku.

4. Renungan

Dengan berdoa setiap orang percaya dapat berkomunikasi dengan Tuhan. Di hadapan-Nya, kita boleh menyampaikan terimakasih atas kasih-Nya. Kita juga dapat mengungkapkan isi hati yakni hati yang luka, permasalahan dan pergumulan hidup. Kepada-Nya kita juga memohon kekuatan dan semangat dalam menghadapi berbagai pergumulan hidup tersebut.

Dalam Mazmur ini Daud berdoa dengan sepenuh hati, mengungkapkan isi hatinya kepada Tuhan serta memohon belas kasihan-Nya. Beberapa pergumulan hidupnya ia beritahukan kepada Tuhan, yakni ancaman binatang buas sewaktu ia menggembalakan ternaknya. Pergumulan yang lain yakni ketika Raja Saul ingin membunuhnya. Daud memohon agar diselamatkan dari bahaya maut yang mengancamnya tersebut. Atas kesungguhan hatinya berdoa, Tuhan telah mendengar dan menerima doanya. Ia mendapat kelegaan serta keyakinan akan pertolongan-Nya dan hal tersebut memberinya kekuatan.

Jemaat Tuhan,
Terdapat tiga pengajaran penting patut diteladani dari sikap Daud diatas. Terlebih di situasi PPKM karena pandemi Covid-19 ini. Pengajaran pertama, seberat apapun pergumulan hidup yang kita hadapi, hanya dalam Tuhanlah kita mendapatkan kelegaan. Pengajaran kedua, agar kita merendahkan hati, memohon belas kasihan dan pengampunan Tuhan. Ketiga, agar kita percaya sepenuhnya kepada pertolongan Tuhan.

Untuk itu tetaplah tekun berdoa dengan penuh iman, sampaikan pergumulan-pergumulan hidup kepada-Nya. Selanjutnya dengan kerendahan hati memohon pengampunan-Nya atas dosa-dosa kita. Berdoa dengan penuh iman artinya walaupun belum melihat jawaban dari Tuhan, tetap percaya bahwa kita pasti menerimanya. Kita harus pegang bahwa janji Tuhan itu adalah ya dan amin. Tuhan tidak memberikan pencobaan atau beban yang melebihi kekuatan kita. Sebab itu dengan mengandalkan Tuhan, kita akan menjadi kuat, optimis dan semangat. Dalam setiap pergumulan, Tuhan akan beri kita kemenangan. Amin.

5. Doding Haleluya No. 459:1

O Tuhan tiap jam, au mamorluhon Ham
Ai Ham tumang na boi, pasonang uhurhin
Bai haganup ianan, Ham do hupindahi.
Na roh do au sonari, holong ma Ham.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami