Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 30 Agustus 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 30 Agustus 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 30 Agustus 2021

 

  1. Mandoding Hal no 18:1

HataMu ale Tuhanku arta siharganan ai

Sai palongkot bai uhurhu ulang lang hujolom ai

Anggo seng be sijoloman Hata na madear in

Aha ma na baen onjolan ni haporsayaonkin

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Lukas 5 : 5

Jadi nini si Simon ma mambalosi, “Guru, torus do hanami saborngin on loja manjalai, tapi seng dong dapotan; tapi mangunsagahkon hataMu ra do ahu mangamburhon jala ai.”

Simon menjawab: “Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.”

 

  1. Renungan

Hidup bersama Tuhan pasti mempunyai nilai yang berbeda. Perbedaan itu tentu sesuatu  yang lebih baik, yang lebih indah dan penuh dengan sukacita. Itu sebabnya banyak orang yang memberi hidupnya untuk Tuhan. Tetapi sebaliknya ada juga orang yang hidup tidak bersama Tuhan dan mengupayakan kehidupan dengan kekuatan pikiran dan fisiknya. Mereka menganggap bahwa mereka mampu melakukan semua itu dan lupa bahwa Tuhan adalah sumber kehidupan dan anugrah.

 

Ketika kita membaca firman Tuhan hari ini, kita diajarkan bahwa ketika Tuhan bekerja maka segala sesuatu bisa terjadi. Bahkan apa yang sudah kita anggap tidak mungkin terjadi, ternyata bersama Tuhan hal itu bisa terjadi dan hasilnya lebih dari yang kita bayangkan. Simon Petrus telah menjala ikan sepanjang malam, namun tidak mendapatkan apa-apa, sehingga ketika Tuhan menyuruhnya menebar jala dia merespon dengan menyebutkan mereka sudah melakukannya tetapi tidak mendapat hasil.

 

Sebelumnya Tuhan Yesus meminta Simon membawaNya dengan perahu ke tengah untuk mengajar orang banyak yang ada di pantai. Itu adalah cara Tuhan Yesus memakai kita. Ketika Simon melakukan yang Tuhan perintahkan maka akan ada perintah selanjutnya. Karena Tuhan yang memerintah maka Simon melaksanakan, dan hasilnya sungguh luar biasa. Ikan yang sungguh banyak yang hampir merobek jalanya, itu yang mereka dapatkan karena menjalankan perintah Tuhan.

 

Terkadang kita terlalu menggunakan pikiran kita untuk melakukan perintah Tuhan. Kita lupa bahwa Tuhan mengetahui segala sesuatu, sementara kita hanya mengetahui sedikit. Biarlah iman kita membimbing kita untuk selalu taat pada firman Tuhan sehingga kita mengalami hal yang luar biasa dalam hidup kita. Tuhanlah yang selalu kita dengar dan perintahNyalah yang kita lakukan agar kita merasakan karya Tuhan yang luar biasa.

 

  1. Mandoding Kidung Jemaat no 416:1

Tersembunyi ujung jalan hampir atau masih jauh

Kudibimbing tangan Tuhan ke negri yang tak kutau

Bapa ajar aku ikut apa juga maksudMu

Tak bersangsi atau takut beriman tetap teguh

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS