Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa 31 Agustus 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa 31 Agustus 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 31 Agustus 2021

1. Doding : Haleluya No 347:1

Batu gingging na toguh, Ham do batar-batarhin
Na gogoh toguh do Ham, bai gilumbang tahan Ham
Sai hudilo Jesus in, tolong au anakMu on

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Daniel 11:32

“Ibahen ma marbalik halak silanggar parpadanan ai marhitei hata lemes-lemes; tapi anggo bangsa na mananda Naibata, totap do jongjong anjaha marsijoloman”.
“Dan orang-orang yang berlaku fasik terhadap Perjanjian akan dibujuknya sampai murtad dengan kata-kata licin; tetapi umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak”.

4. Renungan

Nas hari ini berbicara tentang orang yang berlaku fasik terhadap perjanjian Allah dengan orang yang mengenal Allah. Kepada orang yang mengenal-Nya, Allah akan menunjukkan kekuatan dan kuasa-Nya di tengah-tengah dunia. Tidak hanya itu, Allah juga akan mengizinkan orang yang mengenal-Nya melakukan perbuatan atau tindakan yang luar biasa yang mencengangkan semua orang. Kuncinya adalah mengenal Dia selaku Allah yang hidup dan berkuasa. Sejarah telah membuktikan bahwa orang-orang percaya di masa lalu mampu melakukan banyak perkara dengan sangat luar biasa dan menjadi orang-orang yang sukses berkat pengenalan mereka akan Allah. Bagaimana dengan kita saat ini selaku orang yang berpredikat pengikut Tuhan aatu orang-orang percaya?. Yang menjadi alasan mengapa banyak orang Kristen saat ini takut dan gentar menghadapi segala sesuatu dan kocar-kacir kesana kemari mencari jalan keluar adalah karena sesungguhnya mereka belum mengenal Allah secara benar-benar. Pemazmur dalam Mazmur 53:3 berkata:” Di sanalah mereka ditimpa kekejutan yang besar, padahal tidak ada yang mengejutkan; sebab Allah menghamburkan tulang-tulang para pengepungmu; mereka akan dipermalukan, sebab Allah telah menolak mereka”. Berbeda dengan Paulus dan Musa serta tokoh-tokoh Alkitab lainnya yang telah menorehkan catatan sejarah tentang banyak muzizat-muzizat yang mampu mereka lakukan karena tujuan utama hidup mereka adalah mengenal Allah lebih baik dan lebih dalam lagi.

Apakah kita memiliki kerinduan yang sama untuk mengenal Allah dalam hidup kita? Jika memang demikian, percayalah bahwa Allah akan menunjukkan kuasa-Nya yang luar biasa dalam kehidupan kita juga. Adalah suatu kesia-siaan untuk bersandar pada manusia, siapapun dan bagaimanapun kebradaan mereka. Jangan pernah menjadikan manusia menjadi andalan hidup kita, baik penguasa dunia, orang-orang hebat, atau siapapun juga, tapi andalkanlah Tuhan yang tidak pernah gagal dan kuasa-Nya tidak terbatas. Lebih baik berlindung pada TUHAN dari pada percaya kepada para bangsawan. Janganlah percaya kepada para bangsawan, kepada anak manusia yang tidak dapat memberikan keselamatan. Apabila nyawanya melayang, ia kembali ke tanah; pada hari itu juga lenyaplah maksud-maksudnya. Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, yang harapannya pada TUHAN, Allahnya: Dia yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya; yang tetap setia untuk selama-lamanya.(Mzm.118:9;146:3-6). Maka andalkanlah Tuhan saja dan mulailah melakukan tindakan yang luar biasa.

Bercerminlah kepada kehidupan orang-orang percaya baik dalam perjanjian lama maupun perjanjian baru, yaitu mereka yang mengenal Allah. Lihatlah bagaimana mereka mampu dan kuat menghadapi segala tantangan dan kesulitan hidup bahkan mampu melakukan banyak hal secara luar biasa untuk dan di dalam nama Tuhan. Marilah kita menerima kasih karunia untuk mampu seperti mereka di dalam nama Yesus. Marilah kita berubah dan berdoa kepada Tuhan agar tujuan hidup kita dibaharui untuk semakin mengenal Tuhan setiap waktu. Jangan mau dikalahkan oleh situasi yang sedang terjadi karena kita tahu bahwa ada Allah yang kita kenal adalah Tuhan yang berkuasa dan memiliki kekuatan luar biasa. Biarlah kesaksian hidup kita selaku orang yang mengenal Allah menambah deretan para saksi Kristus yang tidak terhitung jumlahnya, bagaikan awan yang mengelilingi kita (Ibr.12:1). Ingatlah bahwa orang-orang percaya yang mengenal Allahnya akan menjadi orang-orang tangguh dan kuat serta mampu melakukan banyak perkara dengan luar biasa. Doa Yesus untuk segenap orang percaya segala zaman adalah agar mereka mengenal Allah Bapa dan mempu melakukan segala pekerjaan baik (Yoh.17:3). Namun orang-orang yang berlaku fasik terhadap perjanjian Tuhan akan tergelincir oleh kata-kata licin dan termakan bujuk rayu. Maka marilah kita senantiasa bersandar kepada Tuhan dan semakin mengenal-Nya,. Tetaplah memelihara dan taat akan firman-Nya, memegang teguh janji Allah tetang kehidupan kekal bagi kita, dan tidak bersandar pada dunia melainkan hanya kepada Dia. Selamat menuju puncak dan menjadi orang yang luar biasa di dalam nama Yesus. Amin.

5. Doding : Hleluya No. 5:1-2

Hupuji holong ni atei-Mu, o Tuhan Jesus Rajangkin
Bamu huondoskon tonduyhu, ai do napinindo Mu in
Huhalupahon ma diringku mamingkir holong ni atei-Mu,
Sai ipindahi Ham do ahu, Ham pe huhasiholi do.
Itogu uhurMu uhurhu halani ai hubere do:
Ipilih Ham hinan tonduyhu, ai pe hupilih Ham Tuhanku.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS