Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis 2 September 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis 2 September 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Kamis, 2 September 2021

1. Mandoding Hal No 497:1-2. “Holong ni Jesus”

Holong ni Jesus manggomgom ganup kuria
Na patotapkon hasadaonta in
Damei Ni in ma manrahut paruhuranta, idop uhur Ni batar-batarta in
Damei Ni in ma manrahut paruhuranta, idop uhur Ni batar-batarta in
Porsaya ma hita bai tonahni Ambilan, in ma hata Ni Tuhanta Jesus in
Na sai mangarap bai Tuhan simada tuah, jumpahan damei sonang totap ijin
Na sai mangarap bai Tuhan simada tuah, jumpahan damei sonang totap ijin

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Epesus 3:20-21

Tapi tarbahen-Si do lobih humbani na pinindonta barang na piningkiranta, domu hubani hagogohon na marhorja ibagas hita. Bani ma hasangapon ibagas kuria in ampa ibagas Kristus marsundut-sundut ronsi sadokah ni dokahni. Amen.
Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin.

4. Renungan

Jemaat Tuhan…
Nas kita ini merupakan bagian akhir dari doa rasul Paulus yang juga merupakan topangan bagi jemaat yang ada di Efesus. Mengapa Rasul Paulus perlu menopang mereka dalam doanya? Kondisi jemaat pada saat itu berada di tengah-tengah masyarakat Efesus yang masih menyembah dewi Artemis dan juga Kaisar, dan situasi ini mendorong Rasul Paulus yang pada saat itu berada di penjara untuk menopang jemaat yang di Efesus. Pada ayat sebelumnya kita membaca bahwa ada 3 poin penting yang menjadi penekanan dalam doa rasul Palus, yaitu: ay.16-17, agar jemaat dikuatkan dan diteguhkan Roh Allah, ay.18: agar jemaat memeroleh pemahaman dan pengenalan akan kasih Kristus, dan ay.19 yaitu doa untuk kepenuhan Allah, karena Allah menginginkan umat percaya mengalami kepenuhan Allah. Dalam doanya Rasul Paulus mendoakan agar jemaat Efesus dikuatkan dan diteguhkan oleh Roh yang ada dalam hati mereka, agar mereka mampu berakar dan berdasar pada kasih Allah sehingga memahami kepenuhan Allah seperti dalam nas kita.

Jemaat Tuhan…
Nas kita diawali dengan kalimat “Bagi Dialah yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan”. Kalimat ini mengartikan bahwa tidak ada batas terhadap apa yang dapat dilakukan Allah kepada umat-Nya, karena kalimat “jauh lebih banyak” adalah kalimat dalam bentuk superlatif (tingkat perbandingan yang teratas) yang disusun untuk menekankan kebenaran ini. Sedangkan kalimat “daripada yang kita doakan atau pikirkan”, mengandung makna bahwa apa yang kita pintakan kepada-Nya begitu terbatas, tetapi faktanya justru yang dipenuhkan oleh-Nya tidak terbatas, dan melampui apa yang kita minta dan kita bayangkan. Dan semua itu dilakukan-Nya sesuai dengan kuasa yang bekerja di dalam kita, yaitu Roh Allah. Dalam nas ini Paulus menyampaikan dengan jelas kalau Allah sanggup, mampu, dan berkuasa. Sehingga Dia bisa melakukan lebih banyak dari apa yang kita doakan dan pikirkan. Dia adalah Allah yang penuh kasih dan layak mendapat segala kemuliaan dan pujian (doxologi).

Jemaat Tuhan…
Hari ini seluruh warga jemaat GKPS merayakan satu karya Allah yang luar biasa bagi umat-Nya, mengenang kembali kasih Allah kepada kita dengan mengutus seorang Missionaris Pdt. Agust Theis yang datang ke tanah Simalungun 118 tahun yang lalu. Dapat kita bayangkan kalau kita tidak mengenal Allah melalui injil yang diberitakan sang Miisionaris, kita masih hidup dalam kegelapan, tidak masuk dalam bagian yang mengenal dan menerima keselamatan. Dan Allah mengetahui apa yang kita butuhkan, bahkan Dia memberi lebih dari apa yang kita pikirkan. Karya Allah yang luar biasa melebihi batas-batas pikiran kita, sehingga kita hidup dalam terang Injil. Kepada Allah yang luar biasa itulah hendaknya kita menaikkan pujian dan memuliakan-Nya sampai selama-lamanya. Amin.

5. Nyanyian Pujian: “Dia pasti Sanggup”

Kuatkanlah hatimu lewati setiap persoalan
Tuhan Yesus selalu menopangmu
Jangan berhenti harap padaNya,
Tuhan pasti sanggup, tangan-Nya takkan terlambat ‘tuk mengangkatmu
Tuhan masih sanggup percayalah, Dia tak tinggalkanmu

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS